3 Jenis Cover Letter Di Dunia Kerja
Siker.id | 23 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ternyata cover letter memiliki beberapa jenis yang berbeda dan tiap tipe cover letter punya tujuannya masing-masing. Penting untuk memahami tipe-tipe cover letter selama di dunia kerja untuk mengetahui kegunaannya. Cover letter sendiri sebagai cara kamu mengenalkan diri kamu secara formal dan jelas.

Nah, berikut ini beberapa jenis dari cover letter yang sering digunakan di dunia kerja.

Baca juga : 6 Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak

1. Cover letter lamaran kerja

Cover letter lamaran kerja harus disesuaikan dengan posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Jadi, hindari menggunakan satu dokumen untuk semua lamaranmu.

Ini akan sangat penting khususnya jika kamu menggunakan CV yang ATS-friendly. Pasalnya, dalam CV ATS-friendly, harus ada keyword atau kata kunci yang disertakan sesuai dengan lowongan kerja yang dibuka perusahaan.

2. Cover letter prospecting

 

Cover letter ini dikenal sebagai prospecting cover letter, atau dikenal juga dengan letter of interest. Tujuan dari mengirimkan surat ini bukan untuk melamar kerja, tetapi bertanya mengenai kesempatan kerja di suatu perusahaan.

Ketika membaca surat ini, bisa jadi rekruter tertarik dengan kualifikasimu. Meski saat ini belum ada kesempatan yang terbuka untukmu, rekruter biasanya akan menyimpan datamu di database mereka.

Baca juga : Berikut Tips Menulis Surat Referensi

3. Cover letter networking

 

 

Cover letter ini tentu berbeda dengan cover letter yang dikirim untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, surat ini dinamakan cover letter khusus untuk networking. Dalam surat ini, kamu perlu menyatakan tujuan networking dan insight seperti apa yang ingin dipelajari.

Itulah dia beberapa cover letter yang perlu kamu pahami ketika memasuki dunia kerja, semoga membantu kamu memahami kegunaannya ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menulis Kalimat Penutup dalam Surat Lamaran


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian