4 Media yang Digunakan dalam Penerapan IMC
Siker.id | 24 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Media penerapan IMC (siker)

siker.id - IMC atau Integrated Marketing Communications adalah sebuah proses untuk menyatukan beberapa elemen dalam komunikasi pemasaran. Misalnya seperti hubungan masyarakat, media sosial, analisis audiens, prinsip pengembangan bisnis, dan periklanan. Elemen tersebut disatukan disatukan menjadi identitas merek di seluruh saluran media yang berbeda. Dengan begitu, IMC memungkinkan organisasi atau bisnis memberikan pengalaman konsumen yang menarik untuk produk dan layanan yang perusahaan sediakan. Berikut media yang bisa digunakan dalam penerapan IMC ini.

Baca juga: 3 Manfaat Personal Branding Dalam Membangun Bisnis

Event marketing

IMC dapat diterapkan pada sebuah event marketing. Misalnya, jika merek kamu membuat acara atau bekerjasama melalui sponsorship produk dari merek tersebut akan dipromosikan dalam acara tersebut. Bila terdapat bintang tamu, maka bintang tamu juga dapat membantu untuk mempromosikan produk dari merek kamu sehingga audiens lebih tertarik dengan produk-produk tersebut.

Sales promotion

Salah satu contoh media penerapan IMC yang terakhir adalah dengan sales promotion. Kamu dapat memberikan diskon atau bonus kepada konsumen yang membeli produk yang kamu tawarkan. Dengan media ini, minat konsumen untuk membeli biasanya akan meningkat. Konsumen pun tidak segan untuk merekomendasikan produk kamu kepada orang-orang terdekatnya.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial

Direct selling

Melalui direct selling, kamu akan memasarkan produk secara langsung kepada konsumen dan menunjukkan kelebihan yang dimiliki oleh produk yang kamu promosikan. Cara ini juga termasuk ke dalam penerapan hard selling.

Iklan

Media pertama yang umumnya digunakan dalam penerapan IMC adalah iklan. Dalam iklan biasanya akan ditunjukan suatu kelebihan produk dibanding dengan produk lainnya. Iklan pada dasarnya akan memberikan pengetahuan kepada konsumen terkait merek yang sedang dipromosikan. Dengan menggunakan strategi IMC, promosi dengan menggunakan iklan akan memberi kesan pada konsumen serta keingintahuan konsumen terhadap produk-produk yang dipromosikan.

Sekian artikel tentang media yang digunakan dalam penerapan IMC. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Membangun Personal Branding Sebelum Melamar Kerja?


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar