4 Tips Jawab Pertanyaan Mengapa Harus Menerima Anda
Siker.id | 24 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Jawab pertanyaan wawancara kerja (siker)

siker.id - Pertanyaan “Kenapa kami harus menerima Anda?” adalah pertanyaan yang paling umum dan sering didengar saat seseorang sedang melakukan interview kerja. Beberapa orang menganggap pertanyaan ini sebagai pertanyaan jebakan sehingga mereka ketakutan saat dihadapkan dengan pertanyaan “Kenapa kami harus menerima Anda?”. Simak beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan jawaban yang tepat.

Baca juga: 4 Tips Membalas Email Panggilan Interview

Jelaskan bagaimana kamu memberikan manfaat bagi orang lain

Alih-alih membicarakan betapa menakjubkannya diri kamu, lebih baik kamu menjelaskan bagaimana kamu dapat membuat orang lain menjadi luar biasa. Cobalah jelaskan bagaimana kamu akan memberikan manfaat bagi orang lain dengan menceritakan siapa diri kamu, seperti apa sifat kamu, bagaimana pengalaman kamu, apa saja keterampilan dan bakat kamu dengan tetap rendah hati.

Berikan contoh konkret dari pengalaman kamu

Cobalah untuk memberikan contoh spesifik dari pengalaman kamu karena semakin banyak contoh yang dapat kamu berikan, maka akan semakin baik kamu menunjukkan nilai kamu sebagai kandidat yang berbeda kepada pewawancara. Hindari juga berbicara terlalu banyak dalam tanggapan kamu, berikan saja kualifikasi yang ingin kamu sampaikan lalu lanjutkan ke poin berikutnya. Jika kamu berbicara terlalu banyak tentang diri kamu, mungkin saja perekrut justru kehilangan minat terhadap kamu.

Baca juga: 3 Cara Balas Email Undangan Interview Dari HRD

Tunjukan antusiasme kamu bekerja di perusahaan tersebut

Lamaran yang kamu kirimkan ke perusahaan tersebut menunjukkan bahwa kamu bersedia melakukan pekerjaan yang ditawarkan. Sehingga saat kamu dipanggil untuk melakukan wawancara, perekrut berpikir bahwa kamu mampu menjalankan posisi tersebut. Saat panggilan wawancara, selain menonjolkan keterampilan dan pengalaman kamu, tunjukkan juga antusiasme kamu untuk membuktikan bahwa kamu memiliki sikap positif terhadap tugas dari posisi yang kamu lamar tersebut, tetapi kamu tetap harus bersikap profesional.

Jangan mencoba membandingkan diri kamu dengan orang lain

Dalam menjawab pertanyaan “Kenapa kami harus menerima Anda?”, kamu tidak perlu menekankan bahwa kamu adalah kandidat yang bekerja paling keras atau kandidat yang paling berdedikasi, karena di luar sana akan selalu ada orang lain yang bekerja lebih keras dibandingkan diri kamu sendiri.

Sekian artikel tentang tips menjawab pertanyaan “mengapa kami harus menerima Anda?”. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Pertanyaan Interview HRD yang Menjebak


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar