7 Jenis Inventaris dalam Perusahaan
Siker.id | 24 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
jenis inventaris perusahaan (siker)

siker.id - Dalam sebuah perusahaan penting sekali kita mampu mengelola barang-barang yang dimiliki perusahaan. Barang-barang ini sangat membantu dalam pekerjaan kita dan sering kali disebut sebagai inventaris. inventaris adalah istilah yang mengacu pada persediaan bahan baku yang digunakan dalam produksi serta barang-barang yang telah diproduksi yang tersedia untuk dijual. Menurut kajian industri serta manufaktur, inventaris adalah kata yang mengacu pada stok atau sumber daya yang dipakai dalam sebuah perusahaan. Ternyata inventaris itu ada beberapa jenis, dan ini penjelasannya dari jenis inventaris perusahaan itu.

Baca juga: 4 Manfaat Employee Gathering Bagi Perusahaan

Bahan baku

Bahan baku merupakan sumber daya perusahaan yang berguna untuk menyelesaikan serta membuat produk. Umumnya saat produk berhasil tercipta, bahan baku asli tidak dapat dikenali. Contohnya sabun, sampo, dan lain sebagainya.

Pekerjaan dalam proses

Pekerjaan dalam proses disebut juga sebagai persediaan WIP. Inventaris ini mengacu pada item produksi, termasuk bahan baku dan komponen. WIP juga termasuk tenaga kerja, bahan pengepakan, hingga overhead.

Pemeliharaan, perbaikan, dan operasi

Poin satu ini disebut juga MRO. Barang MRO merupakan inventaris yang seringkali disebut persediaan. Fungsi persediaan ini berguna untuk mendukung pembuatan produk, serta pemeliharaan bisnis.

Stok pengaman

Stok pengaman merupakan persediaan ekstra yang berguna untuk menutupi hal-hal tidak terduga. Memang ada biaya penyimpanan untuk stok ini, tetapi sangat berguna untuk mendukung kepuasan konsumen.

Baca juga: 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup

Inventaris siklus

Inventaris ini berarti perusahaan memesan siklus persediaan, agar mendapat jumlah stok yang tepat. Akan tetapi, tujuan pemesanan ini juga bertujuan untuk mendapatkan biaya penyimpanan terendah.

Inventaris teoretis

Inventaris teoretis atau inventaris buku merupakan jumlah stok paling sedikit yang diperlukan perusahaan untuk menyelesaikan proses produksi, tanpa menunggu. Biasanya persediaan ini dipakai di industri makanan dengan rumus aktual versus rumus teoritis untuk mengukurnya.

Inventaris transit

Persediaan ini berarti persediaan yang bergerak antara gudang, pabrik, dan pusat distribusi. Inventaris transit mungkin perlu waktu lama untuk berpindah antar fasilitas. Istilah ini juga sering disebut inventaris pipa.

Sekian artikel tentang jenis inventaris dalam perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Indikasi Adanya Fraud Di Perusahaan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar