3 Tips Pimpin Meeting Supaya Lancar
Siker.id | 23 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang pimpin meeting (freepik/siker.id)

siker.id - Memimpin sebuah rapat memang tidak mudah. Pastinya kamu ingin memimpin meeting dan berjalan lancar sesuai keinginan, bukan? Jika ini pertama kalinya kamu harus mempresentasikan hasilmu dan memimpin rapat, pastikan juga kamu jangan terlambat untuk datang dan memulai rapatmu agar efektif.=

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk pimpin meeting supaya berjalan dengan lancar. Simak dibawah ini.

Baca juga : Beberapa Kebiasaan Buruk yang Bisa Dihindari saat Rapat

1. Tentukan tujuan sebelum mulai

 

Tanpa tujuan yang jelas, kamu tidak akan tahu apa kesimpulan atau kesepakatan yang ingin dicapai dari sebuah meeting. Kamu bisa menyusun tujuan meeting dengan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound). 

2. Susun agenda

Dalam agenda, tuliskan apa saja hal yang akan dibahas, siapa yang akan membahasnya, dan seperti apa urutan pembahasan tersebut. Tak peduli seberapa santai sebuah meeting, sebaiknya agenda selalu dibuat agar pertemuanmu terstruktur dengan rapi.

Jangan lupa juga berikan agenda ini pada para peserta meeting nantinya agar mereka bisa bersiap dengan baik.

Baca juga : 3 Tips Mengelola Rapat Online yang Diikuti

3. Buat action dan takeaway yang jelas

Menetapkan action item dan takeaway dalam meeting adalah tips yang tidak boleh terlewatkan jika kamu harus memimpin. Bahkan, action item adalah salah satu hal yang terpenting dalam sebuah rapat. Pasalnya, action item dapat membantumu memastikan bahwa rapat tersebut menghasilkan diskusi, ide, dan keputusan yang bermakna.

Demikian di atas tadi beberapa tips untuk memimpin meeting supaya berjalan dengan lancar, selain itu kamu juga harus mengundang peserta rapat yang tepat dan juga menerima pertanyaan serta masukan dari beberapa peserta rapatmu. Yang terpenting adalah jangan sampai gadget mengganggu jalannya rapat berlangsung, sebab gadget adalah benda yang sangat menginterupsi dan menghilangkan fokus perhatian ke poin utama kegiatan.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Etika dalam Penggunaan Ruang Rapat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar