icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Cepat Adaptasi Di Kantor Baru
Siker.id | 23 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Pasti gugup bukan bila baru pertama masuk kerja di kantor yang baru? Itu adalah perasaan yang wajar. Hal yang paling penting adalah kamu harus bisa cepat beradaptasi. Atmosfer dan cepatnya dari alur pekerjaan di kantor nantinya akan mendorongmu untuk bisa cepat beradaptasi.

Kamu harus aktif juga tentunya di kantor dan bisa menyesuaikan diri adalah poin utama agar bisa beradaptasi. Namun, berikut ini ada beberapa tips ampuh agar kamu cepat beradaptasi di kantor baru.

Baca juga : 4 Tips Adaptasi Kerja Buat Introvert

1. Fokuskan diri di minggu-minggu pertama

Pada minggu-minggu pertama di kantor, kamu akan diberikan banyak materi baru. Kewajiban dan juga aturan yang harus kamu itu akan diinformasikan pada masa-masa ini. Kamu juga tidak akan langsung bekerja.

Pastikan kamu mengerti betul budaya dan cara bekerja di perusahaan baru kamu. Mulailah berkenalan dengan rekan-rekan di tim kamu dan kenali kebiasaan mereka. Maka, kamu akan merasa adanya keakraban dalam kelompok.

2. Lawan rasa malu dalam membuka percakapan

 

Malu itu wajar, namun jangan terlalu larut dalam perasaan tersebut. Cobalah untuk terbuka dengan orang-orang baru. Berkenalan dengan wajah baru di sekelilingmu.

Bertukar pikiran dan melihat pemikiran baru akan menjadikanmu rekan kerja yang lebih baik. Ingat, jika kamu terus berdiam diri jangan harap untuk mendapatkan teman baru. 

Baca juga : Tips Adaptasi si Introvert di Lingkungan Kerja

3. Kenali lingkungan kantormu

Cek dimana musala dan toilet terdekat meja kerjamu. Jangan lupa juga untuk mengecek dimana letak divisi-divisi bekerja. Pada bagian gedung mana mereka berkolaborasi.

Kamu akan besinggungan dengan divisi-divisi tertentu. Pastikan kamu tahu persis di mana tempat divisi-divisi tersebut berkumpul.

Itulah dia beberapa tips ampuh yang bisa kamu lakukan ketika masuk kerja pertama kali di kantor baru, selain itu kamu juga jangan lupa harus tetap sopan dan ramah dengan rekan-rekan kerja kamu. Kamu sebagai karyawan baru juga harus punya inisiatif dan kreatif, karena salah satu cara untuk atasan mengenali potensimu, serta berikan opini yang terbaik juga ya!

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Adaptasi Efektif Memulai WFO


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar