3 Tips Merantau Untuk Pertama Kalinya
Siker.id | 23 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi oergi merantau (freepik/siker.id)

siker.id - Setelah melalui adanya Pandemi Covid-19, dimana keadaan membuat banyak orang bekerja dari rumah dan yang merantau pulang ke rumah. Apabila nantinya kamu harus bekerja dan merantau jauh dari rumah, apalagi jika pertama kali, banyak hal yang harus kamu persiapkan, lho.

Merantau memang tidak mudah. Sebelum merantau kamu bisa perhatikan tips berikut ini.

Baca juga : 3 Tips Biar Tidak Kewalahan dalam Padatnya Pekerjaan

1. Biaya hidup minimal

Saat pertama kali merantau untuk bekerja, kamu tentu harus mengetahui berapa biaya hidup minimal di kota perantauan. Kamu tentu tidak langsung mendapatkan gaji dari kantor tempatmu bekerja, bukan?

Dengan mengetahui hal ini, maka kamu dapat membawa uang saku minimal yang mencukupi hidupmu hingga saat gajian. Secara tidak langsung kamu juga harus siap untuk berhemat jika memang kotamu merantau memakan biaya hidup tinggi.

2. Lokasi tempat tinggal

 

Kamu tentu juga harus memahami lingkungan tempatmu tinggal kala pertama kali merantau untuk kerja. Seperti saat mengenali lingkungan kantor, di lingkungan tempat tinggal kamu juga dapat mengetahui lokasi seperti tempat makan, minimarket, ATM, atau lainnya.

Selain itu, kamu juga harus kenali apakah wilayah tempat tinggalmu merupakan zona merah Covid-19 atau tidak. Pastikan juga menjaga kesehatan dan kebersihan selama di tempat tinggal yang baru, ya.

Baca juga : 3 Tips Mengisi Waktu Jeda saat Bekerja

3. Akses ke tempat kerja

 

Dengan berbagai pertimbangan seperti jarak dan waktu tempuh, maka kamu dapat mempertimbangkan dengan apakah kamu akan ke tempat kerja. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum, ketahui tempat pemberhentian kendaraan umum terdekat dari tempat tinggal dan tempat kerjamu. Namun, jika kamu memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, maka pertimbangkan kemacetan dan rute yang harus ditempuh.

Nah, itulah dia beberapa tips jika kamu merantau untuk pertama kalinya, selain itu kamu juga harus tau lokasi kantormu karena untuk melihat pertimbangan seberapa jaraknya dengan tempat tinggal kamu nantinya, dekat dengan ATM, minimarket, atau yang lainnya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Packing Business Trip


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar