3 Karya Tulis yang Bisa Hasilkan Uang
Siker.id | 23 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Karya tulis hasilkan uang (siker)

siker.id - Apakah ada di antara kalian ada yang suka dengan hobi menulis? Bagi sebagian orang, menulis adalah salah satu cara untuk menuangkan emosi dalam sebuah rangkaian kata. Namun ada juga orang-orang yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan mereka. Di era digital seperti ini, tulisan-tulisan yang kamu buat juga bisa jadi diberi bayaran yang mahal oleh pihak tertentu. Kira-kira tulisan seperti apa sih yang biasa dicari dan dapat memperoleh bayaran dari orang lain? Simak dalam ulasan berikut ini!

Baca juga: 3 Cara Membuang Insecure saat Menulis

Cerpen dan novel

Cerita pendek (cerpen) adalah salah satu bentuk tulisan yang juga bisa menghasilkan uang. Sekarang ada banyak platform digital yang menerima tulisan-tulisan berbentuk cerpen. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan di waktu senggang atau bersifat freelance. Cara lainnya adalah dengan mengemas tulisanmu menjadi sebuah buku cerita atau novel. Tulisan itu bisa coba kamu kirimkan ke badan penerbitan. Apabila lolos, kamu bisa mendapatkan royalti atas hasil penjualan bukumu tersebut.

Tulisan ilmiah populer

Bagi kamu yang lebih menyenangi hal-hal yang sifatnya lebih serius, kamu juga bisa membuat sebuah tulisan ilmiah populer. Topik yang bisa diambil untuk tulisan jenis ini sangatlah luas, karena bisa disesuaikan dengan keahlian kamu. Contohnya, kamu bisa menulis artikel kesehatan, ilmu keuangan, sains hingga fakta-fakta sejarah yang unik. Karena sifatnya yang lebih "ilmiah", kamu tentu harus melakukan pencarian referensi terlebih dahulu sebelum mulai menulis. Setelah selesai, tulisan itu bisa kamu muat ke beberapa media digital yang memang menerima tulisan berjenis ilmiah populer.

Baca juga: 4 Langkah Awal Sebelum Terjun ke Dunia Menulis

Tulisan terjemahan

Jasa penerjemah juga menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing juga bisa mencoba untuk membuat terjemahan karya tulisan. Biasanya, upah dari jasa penerjemah bisa dihitung per artikel ataupun sesuai jumlah katanya. Terkadang ketika kita menerjemahkan dengan mesin penerjemah otomatis, makna kalimat terjemahannya menjadi kurang sesuai dengan naskah asli. Maka dari iu, sebuah tulisan terjemahan bisa saja dibayar cukup mahal, bergantung dari tingkat kesulitannya.

Sekian artikel tentang karya tulis yang bisa hasilkan uang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritk dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Kebosanan saat Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar