4 Penyebab Terjadinya Miskomunikasi
Siker.id | 23 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Penyebab miskomunikasi (siker)

siker.id - Miskomunikasi merupakan sebuah kegagalan berkomunikasi dengan baik. Tak hanya sebatas itu, kegagalan mengungkapkan ide dengan baik juga disebut sebagai miskomunikasi. Miskomunikasi adalah keadaan dimana terdapat kesalahan dalam mengungkapkan pikiran atau kesalahan persepsi dari salah satu lawan bicara. Pesan yang salah dikomunikasikan oleh pendengar masuk juga sebagai wujud miskomunikasi. Pada akhirnya, pembicaraan menjadi tidak efektif karena ada kegagalan menafsirkan makna yang sebenarnya. Miskomunikasi bisa menjadi penyebab utama perusak hubungan. Lalu apa penyebab miskomunikasi ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Percakapan tidak sehat

Percakapan yang tidak sehat terjadi ketika terjadi interaksi, ada satu pihak yang dominan, tidak sabar, serta bertujuan mengklaim kemenangan. Hal ini akan membuat percakapan menjadi berat sebelah. Suasana percakapan menjadi tidak efektif sehingga menyebabkan terjadinya miskomunikasi. Seharusnya seseorang bisa memahami persepsi orang lain, sehingga mengerti maksud pesan yang disampaikan secara detail.

Tidak bisa berbicara dan menulis secara efektif

Berbicara dan menulis adalah cara berkomunikasi yang baik. Sayangnya, beberapa orang tidak mampu melakukannya secara efektif. Ketidakmampuan tersebut bisa menyebabkan orang lain salah tafsir, sehingga pesan yang seharusnya positif bisa berubah sebaliknya.

Baca juga: 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Menjadi pendengar yang buruk

Saat ini, teknologi telah mengambil alih perhatian seseorang, dan memicu orang lain menjadi tidak suka mendengarkan. Padahal kemampuan menyimak sangat penting agar paham maksud sebuah percakapan. Pendengar yang buruk akan membuat komunikasi tidak tersampaikan dengan baik, bahkan bisa menyebabkan kebingungan.

Faktor psikologi

Pikiran merupakan penyebab terbesar miskomunikasi. Gagasan yang sudah terbentuk sebelumnya, sikap menghakimi, hingga terciptanya stereotip sangat berperan mendukung gagal komunikasi. Menambah klarifikasi sangat penting untuk melawan faktor psikologi ini.

Sekian artikel tentang penyebab terjadinya miskomukasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar