4 Cara Atur Pola Hidup Sehat bagi Pekerja
Siker.id | 23 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Perlunya atur pola makan sehat bagi pekerja (siker)

siker.id - Menjaga pola hidup sehat merupakan sebuah keharusan, terutama saat masa masih pandemi seperti ini. Kondisi tubuh sangat berpengaruh dalam meningkatkan imunitas tubuh kita. Tubuh yang sehat juga merupakan aset yang berharga, karena tanpa hal tersebut tentunya seseorang tidak akan mampu melakukan banyak hal. Bagi sebagian orang, menerapkan pola hidup sehat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena alasan kesibukan. Padahal menerapkannya tidaklah rumit, bahkan kamu tetap bisa melakukannya sambil tetap bekerja. Berikut ini tipsnya!

Baca juga: 3 Tanda-Tanda Kesibukan yang Tidak Sehat

Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Pola makan yang sehat merupakan bagian penting dalam menjaga kondisi tubuh. Karyawan biasanya lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji karena lebih praktis. Namun, bila dikonsumsi terlalu sering tentu tidak baik untuk tubuh karena mengandung lemak jenuh dan dapat memicu obesitas. Agar lebih sehat, kamu bisa menyiapkan bekal sendiri. Dengan begitu kamu bisa mengontrol asupan makanan dengan gizi seimbang. Jangan lupa untuk makan 3 kali sehari, supaya lebih sehat kamu bisa mengganti cemilan dengan buah-buahan. Kurangi juga jumlah asupan garam, gula, daan minyak pada makananmu.

Batasi asupan kafein

Banyak karyawan yang harus mengonsumsi minuman berkafein untuk memulai harinya. Apalagi coffee shop kian menjamur, sehingga dengan mudah kamu bisa mendapatkannya. Hal ini tidak masalah asalkan membatasi asupannya, misalnya cukup 1 kali sehari. Saat mengkonsumsi minuman berkafein, batasi penggunaan gula atau creamer yang dapat menambah asupan kalori di tubuhmu.

Baca juga: 3 Ciri-Ciri Perusahaan Yang Tidak Sehat

Menghindari stres

Stres saat bekerja sering terjadi, jika berlebihan hal ini dapat mengganggu metabolisme tubuhmu. Untuk menghindarinya kamu bisa melakukan aktivitas yang kamu sukai pada hari libur, seperti liburan, menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, belanja, menonton film, membaca buku, atau spa. Tujuannya adalah untuk merelaksasikan pikiran dan menemukan keseimbangan antara kehidupan kerja dan sehari-hari. Selain itu, kegiatan positif lain agar terhindar dari stres adalah berolahraga, diet sehat, dan tidur yang cukup.

Tidur yang cukup

Pola tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menjadi pemicu obesitas dan penyakit jantung. Luangkan waktu untuk tidur yang berkualitas dan baik. Hindari begadang, mengantuk saat bekerja dapat menyebabkan produktivitas menurun.

Sekian artikel tentang cara mengatur pola hidup sehat bagi pekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Cari Kerja di Lingkungan Sehat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar