4 Tips Memulai Karir sebagai Data Architect
Siker.id | 23 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Memulai karir data architect (siker)

siker.id - Suatu perusahaan atau organisasi pasti memiliki data yang perlu diolah sebagai penunjang pengembangan bisnis. Untuk itulah mengapa perusahaan membutuhkan seorang data architect ini. Data architect adalah seseorang yang berperan dalam bagaimana data dalam suatu organisasi atau perusahaan dikelola, disimpan, digunakan, serta diintegrasikan dengan sistem. Agar bisa mengerjakan perannya dengan baik, seorang data architect harus mampu melakukan data warehousing, physical data modeling, memahami data querying languages, membuat strategi, membuat peraturan pengaturan data, mampu menentukan sistem yang tepat untuk menyimpan data. Bila kamu ingin terjun dalam dunia data architect ini berikut tipsnya!

Baca juga: 3 Trend Kerja di Indonesia dari Data Microsoft

Dapatkan sertifikasi

Selain mencari pengalaman dalam bidang data, disarankan kamu juga mendapatkan sertifikasi untuk meningkatkan nilai jual di dalam CV-mu. Adapun salah satu sertifikasi yang bisa menjadi pertimbanganmu adalah IBM Certified data architect - Big Data, Certified Data Professional, dan Certified Data Management Professional.

Ikuti bootcamp

Untuk menjadi seorang data architect yang andal, kamu juga disarankan untuk mengikuti pelatihan seperti bootcamp, kursus, workshop dalam bidang data management untuk mempertajam kemampuan kamu. Kamu bisa mempertimbangkan pelatihan seperti Google Data Analytics, data warehousing, SQL, Python, atau IBM Data Analyst Professional Certificate.

Baca juga: Tertarik Menjadi Data Entry? ini Tipsnya

Kuliah

Selain itu, beberapa perusahaan juga mempertimbangkan kandidatnya merupakan sarjana dalam bidang ilmu komputer atau data. Jadi, jika kamu yakin ingin menjadi seorang data architect, mengambil program sarjana dalam bidang ini mungkin bisa menjadi pertimbanganmu.

Bekerja di bidang data

Seorang data architect yang umumnya dicari oleh perusahaan adalah mereka yang sudah memiliki pengalaman di bidang data, programming, dan sejenisnya selama kurang lebih 3 tahun. Kamu bisa memulai kariermu sebagai data engineer atau data analyst.

Sekian artikel tentang tips memulai karir sebagai data architect. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Dampak Dari Self Sabotage Pada Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar