icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Lulusan Astronomi, Lengkap !
Siker.id | 22 Nov 2021 19:05


Bagikan ke

siker.id - Jurusan Astronomi adalah jurusan satu-satunya yang ada di Indonesia yaitu untuk di Universitas ITB (Institut Teknologi Bandung). Dalam hal ini Universitas ITB (Institut Teknologi Bandung) merupakan Universitas yang banyak diminati banyak orang namun itu tidak banyak dari orang yang dapat di terima dalam universitas ini. Karena untuk masuk di salah satu universitas ternama ini memang membutuhkan proses yang sangat sulit. Program studi Jurusan astronomi ini adalah jurusan yang memepelaji tentang bentuk-bentuk ataupun benda-benda ang ada di langit ataupun luar angkasa.

Untuk seorang yang lulusan dari astronomi maka nantinya akan mendapatkan gelar SAINS. Namun bukan hanya itu menjadi seorang lulusan astronomi tidak semuanya akan harus menjadi seorang astronom yang bekerja di bagian situ saja. Namun juga dapat bekerja di bidang lainnya.

Baca juga: Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi

Namun bukan berarti seorang astronomi harus bekerja dibidang ini saja yaitu menjadi seorang yang yang meneliti benda-benda yang ada dilangit atau luar angkasa, seorang astronomi juga dapat bekerja dibidang lain,

Lalu, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja astronomi? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

1. Komunikator Sains

Kamu bisa berkarir sebagai seorang komunikator sains. Banyak sekali kebijakan yang mungkin dibuat pemerintah atau perusahaan yang bertentangan dengan ilmuwan. Oleh sebab itu, ilmuwan memang dituntut untuk mempelajari komunikasi publik. Tak heran jika komunikator sains sangat dibutuhkan agar bisa menjembatani dan menerjemahkan pandangan ilmuwan agar bisa menemukan sebuah kebijakan atau pengembangan sains lebih baik lagi.

2. Programer

Seorang programer adalah seseorang yang memang telah ahli dibidangnya, ahli dalam memainkan komputer. Ahli dalam bidang desain. Hal ini juga dapat di lakukan oleh seorang jurursan astronomi. Karena dalam pekrjaan ini seorang astronomi dapat menjadikan pekerjaan ini tolak ukur yang sangat baik bagi dirinya.

Menjadi seorang astronomi bukanlah hal yang sangat sulit jika kita memang benar-benar menginginkan menjadi seorang astronomi. Dalam hal ini seseorang tersebut dapat bekerja menjadi programer yang handal. Setelah itu seorang programer handal dapat mendapatkan peluang pekerjan yang baik jika memang seorang tersebut dapat menjadi seorang programer yang ahli dibidangnya. Dalam hal ini seorang prograer ingin menjadi apa yang diinginkannya.

3. Peneliti Antariksa Atau Benda Benda Langit.

Dalam hal ini untuk seseorang yang baru lulus dari pendidikannya di dalam bidang astronomi dapat juga bekerja di bidang pemerintahan yaitu bekerja sebagai peneliti antariksa atau benda benda langit. Dalam pekerjaan ini menjadi peluang ang sanagt menguntungkan sekali untuk mahasiswa lulusan astronomi yang bingung mencari pekerjaan, karena pekerjaan ini sangat cocok di jadikan pekerjaan untuk jurusan antariksa ini. Sehingga memnag banyak mahasiswa mendaftar pekerjaan ini. Dengan harapan nantinya gaji yang akan di peroleh juga cukup besar.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda?

4. Analis Sistem

Kamu juga bisa menjadi seorang analis sistem di perusahaan swasta atau perusahaan negara. Tugas Kamu adalah mengembangkan sistem perangkat lunak yang berhubungan dengan astronomi. Peluang bekerja di pusat satelit dan komunikasi sangat besar dengan gaji yang ditawarkan lumayan memuaskan.

5. Astronom Profesional

Kamu bisa berkarir sebagai astronom profesional. Kalau Kamu memang sangat mencintai dunia astronomi, cita-cita menjadi seorang astronom profesional bisa saja terwujud. Tentu Kamu harus memulai langkah sebagai sarjana Astronomi hingga mengikuti program doktor. Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti dan menerbitkan jurnal ilmiah.

6. Pegawai Pemerintah

Kamu juga bisa menjadi pegawai pemerintah di berbagai lembaga negara seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) atau bercita-cita masuk NASA, bisa kok. Kamu bisa melamar menjadi pegawai tetap ataupun pegawai dengan kontrak kerja.

7. Astronot

Profesi Astronot sebagai sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa.

8. Jurnalis Sains

Dalam bidang media, seorang lulusan Astronomi juga berkesempatan menjadi seorang penulis kolom ataupun editor.

Kamu bisa menulis di majalah-majalah populet ataupun jurnal ilmiah. Melalui tulisan, kemudian wartawan akan menyampaikan berbagai konsep sains serta astronomi dengan cara yang lebih kreatif dan menarik minat pembaca.

Profesi Wartawan atau jurnalis sendiri sebagai seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya dimuat di suatu media massa. Pengertian wartawan lainnya adalah orang yang tugasnya mengumpulkan, memilih, mencari, mengolah berita kemudian menyajikannya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya skepada masyarakat luas melalui media massa. Mulai dari media cetak maupun media elektronik.

Demikianlah ulasan mengenai Peluang Kerja Jurusan Astronomi. Semoga dengan adanya bahasan lengkap mengenai peluang kerja ini dapat memberi wawasan dan juga pengetahuan bagi pembaca yang sedang mencari Info Prospek Kerja Jurusan. Terimakasih

Baca juga: Berikut Ini 8 Prospek Kerja Lulusan Sastra Arab

 


Editor: Bagus -

     

Komentar