4 Pertanyaan dan Jawaban seputar Kepemimpinan
Siker.id | 23 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Pertanyaan seputar kepemimpinan (siker)

siker.id - Untuk bisa menduduki suatu posisi pekerjaan dari posisi senior hingga pada tingkatan manajerial, tentunya kita harus melalui serangkaian proses seleksi rekrutmen, termasuk tahap interview. Dalam tahapan ini, kandidat pekerja diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang akan mudah mendeskripsikan diri mereka. Salah satu contoh pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan tentang kepemimpinan. Apa saja pertanyaan tentang kepemimpinan yang umum diajukan? Berikut ulasannya!

Baca juga: 5 Tips serta Teknik Wawancara yang Baik

Dalam bekerja, Anda lebih bisa bekerja dalam tim atau individu?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah untuk pertanyaan ini. Bekerja dalam tim atau individu tentunya berdasarkan pribadi masing-masing kandidat. Umumnya, seseorang yang dapat bekerja dalam tim memiliki kemampuan sosial yang tinggi dan dan mampu berpartisipasi dalam mencapai tujuan perusahaan bersama anggota lainnya. Hal tersebut dapat menjadi salah satu keunggulan saat memasuki dunia kerja. Namun, tidak menutup kemungkinan kandidat yang memilih untuk bekerja secara individu memiliki potensi yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya.

Apa keahlian kepemimpinan yang menurut Anda sangat penting?

“Komunikasi adalah kunci dari segala situasi. Maka itu, saya memilih keahlian berkomunikasi dalam menjabat menjadi seorang pemimpin. Ada atau tidaknya komunikasi yang baik sangat berdampak bagi berlangsungnya suatu organisasi. Komunikasi yang baik dapat memudahkan tim untuk mencapai tujuan bersama. Bertutur kata yang baik dan sopan juga menjadi salah satu faktor penting untuk bekerja dalam tim.”

Baca juga: 4 Jenis Wawancara yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana cara Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif?

“Saya akan berusaha menciptakan lingkungan kerja yang positif dan disenangi oleh anggota. Dapat melalui memberikan kesempatan anggota untuk menyuarakan pendapatnya, terlibat dalam segala aktivitas kerja, menghargai anggota, memberi apresiasi dari masing-masing anggota dalam melakukan pekerjaannya, dan menerapkan lingkungan kerja yang nyaman bagi anggota.”

Bagaimana cara Anda dalam menetapkan tanggung jawab dari tiap anggota?

“Seluruh anggota tentunya memiliki tanggung jawab tersendiri sesuai dengan posisinya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk saya memberikan keringanan bagi anggota sesuai dengan kemampuan masing-masing. Terlepas dari itu, saya juga akan mengontrol penuh atas aktivitas tiap-tiap anggota.”

Sekian artikel tentang contoh pertanyaan dan jawaban seputar kepemimpinan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Beri Kesan Baik saat Wawancara Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar