3 Cara Membangun Jaringan bagi Introvert
Siker.id | 23 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Membangun networking bagi introvert (siker)

siker.id - Kamu pasti sering mendengar bahwa membangun networking itu penting untuk peningkatan karier. Selain itu, punya networking yang luas, juga bisa memberikan kamu banyak keuntungan, loh. Kalau kamu punya banyak relasi, kamu akan lebih banyak mendapatkan peluang atau kesempatan baru nantinya. Namun, membangun dan memperluas networking memang menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang berkepribadian introver. Sebab, seorang introver cenderung lebih nyaman ketika sendiri, sehingga mereka mudah lelah ketika bersosialisasi. Berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk membangun networking.

Baca juga: 4 Mitos yang Ada di Seputar Networking

Jangan lupa untuk tersenyum

Ini mungkin kelihatan sepele, tapi dengan tersenyum kamu dapat memberikan kesan yang baik kepada lawan bicaramu. Senyum merupakan cara jitu untuk menunjukkan rasa simpati, empati, dan rasa menghargai kepada lawan bicaramu. Hal tersebut membuat orang lain cenderung nyaman untuk berbicara dengan kamu. Selain itu, orang lain juga akan menilaimu sebagai pendengar yang baik.

Latihlah cara komunikasi

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang sifatnya dua arah. Di mana orang yang berkomunikasi saling memberikan tanggapan dengan seimbang. Salah satu kelebihan introver adalah mereka merupakan pendengar yang baik. Namun, sebagai seorang introver kamu juga harus berlatih untuk menjadi komunikator yang baik. Maka dari itu, kamu bisa mulai melatih kemampuan komunikasi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memperluas wawasan, membiasakan diri dengan kalimat basa-basi, dan melatih diri untuk menggunakan gestur yang tepat ketika sedang berbicara. Selain itu, kamu harus membiasakan dirimu untuk berani mengutarakan pendapat.

Baca juga: 4 Tips Mengubah Networking menjadi Relasi Profesional

Mulailah bangun networking dari yang kamu kenal

Membangun networking tidak harus selalu dimulai dengan orang yang sama sekali belum dikenal. Kamu bisa membangun networking dengan orang terdekat yang sudah kamu kenal, kok. Misalnya dengan teman sekolah atau kuliahmu, pertahankan hubungan baik yang sudah kamu jalin dengan mereka. Kalau kamu ada waktu, jangan ragu untuk mengajak mereka keluar untuk sekadar makan atau minum kopi. Siapa tahu mereka akan menjadi bagian dari jaringan koneksi yang dapat diajak bekerja sama untuk membangun sebuah usaha di masa depan.

Sekian artikel tentang cara membangun jaringan bagi introvert. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Membangun Networking di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar