icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Tingkatkan Skill Voice Over
Siker.id | 22 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Voice over saat ini digunakan untuk banyak tujuan, dari iklan radio, TV, voicemail, suara untuk film atau animasi, dan banyak lagi. Seseorang yang bekerja sebagai voice over pastinya harus menguasai dan meningkatkan skillnya, terlebih lagi dengan banyaknya persaingan yang semakin ketat dan ciri khas yang dimiliki setiap pelaku industri.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan skill voice over, simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Skill IoT yang Penting Dalam Pekerjaan

1. Persiapan sebelum latihan

Biasakan melakukan beberapa langkah berikut sebelum berlatih atau merekam suara, seperti tidur yang cukup, minum air cukup, senam mulut dan wajah, postur tegap dan rileks. Kamu bisa menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya perlahan beberapa kali untuk merilekskan tubuhmu yang tegang sebelum rekaman.

2. Mengenali karakter suara

Untuk pemula, kamu perlu mengenali warna suaramu (bass, bariton, atau tenor untuk laki-laki, dan alto, mezzosopran, dan sopran untuk perempuan). Kamu juga perlu mengetahui karakter yang kamu kuasai (misal anak-anak, remaja, dewasa, atau tua). Kuatkan bagian tersebut dulu. 

Jika sudah stabil untuk naskah panjang, baru kamu bisa mengeksplor karakter-karakter lain alias keluar dari zona nyaman.

Baca juga : 4 Skill Wajib Dimiliki Mentor Profesional

3. Latihan membaca keras (read out loud)

Mengutip Voice Talent Now, berlatih minimal 15 menit setiap hari bisa membantumu lebih lancar saat rekaman. Naskahnya bisa dari mana saja, mulai dari berita, iklan, buku cerita, kemasan produk, atau bahkan baliho yang kamu lihat di pinggir jalan.

Nah, itulah dia beberapa cara untuk tingkatkan skill voice over, selain itu kamu juga bisa berikan power pada suaramu saat berlatih dan juga latih beberapa opsi intonasi agar hasil voice over tidak monoton, serta jangan lupa untuk selalu percaya diri dalam berakting.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Skill yang Akan Dicari Beberapa Tahun Kedepan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar