4 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Golang
Siker.id | 22 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Bahasa pemrograman golang (siker)

siker.id - Seiring berkembangnya teknologi banyak bahasa pemrograman yang bermunculan. Meski begitu, Golang masih menjadi idola para developer dan kandidat dengan kemampuan ini cukup banyak dicari. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia pemrograman, kamu perlu belajar Golang untuk memperlancar pekerjaanmu dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Go atau Golang adalah bahasa pemrograman open-source yang dibuat oleh tim developer Google pada tahun 2007, yaitu Rob Pike, Ken Thompson, dan Robert Griesemer. Hal yang menarik dari Golang adalah bahasa pemrograman ini memiliki koleksi tempat sampah yang memungkinkan eksekusi fungsi ditangguhkan dan dengan sendirinya mengatur memori. Nah bagi yang ingin belajar bahasa pemrograman ini, berikut tipsnya!

Baca juga: 3 Bahasa Pemrograman yang Dipakai Programmer dalam Bekerja

Cari mentor

Saat belajar Golang, kamu mungkin bisa belajar dari internet atau mengikuti kursus. Tapi ini saja tidak cukup, kamu akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak jika kamu memiliki mentor yang memang sudah ahli di bahasa pemrograman ini. Bukan tidak mungkin ia akan membagikan pengalamannya mengenai hambatan dan solusi yang dihadapi selama menggunakan bahasa pemrograman ini.

Belajar Golang dari contoh

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat belajar Golang adalah dengan melihat contoh website atau aplikasi yang menggunakan Golang sebagai bahasa pemrograman mereka. Jika kamu sudah memiliki kemampuan atau pengetahuan dasar mengenai Golang, kamu bisa mengunjungi https:gobyexample.com. Website ini menyediakan contoh yang paling umum yang biasa digunakan. Misalnya saja bagaimana membuat buffered channel.

Baca juga: Berikut Bahasa Pemrograman yang Dikuasai Web Programmer

Ikuti bootcamp

Guna mempertajam kemampuanmu dalam bahasa pemrograman Golang, langkah belajar Golang selanjutnya adalah dengan mengikuti bootcamp. Tak hanya membuat kamu makin paham, mengikuti bootcamp juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

Ikuti A Tour of Go

Salah satu cara dan tempat terbaik untuk belajar Golang adalah langsung kepada sumbernya. Kamu bisa mengunjungi https:tour.golang.org. Di sini, kamu bisa belajar dengan menggunakan tutorial interaktif yang bisa kamu gunakan untuk belajar Golang dengan menjalankan sendiri kode snippets pada website. Pembelajaran ini dibagi menjadi dua bagian modul yang masing-masing menjelaskan konsep yang berbeda dengan beberapa latihan pada setiap modul.

Sekian artikel tentang tips belajar bahasa pemrograman golang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Kemampuan yang Tidak Bisa Digantikan Teknologi


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar