4 Tips Membalas Email Panggilan Interview
Siker.id | 22 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Membalas email panggilan interview sangat penting (siker)

siker.id - Cara kamu berkomunikasi, merespons, dan berinteraksi dengan recruiter ternyata tidak kalah pentingnya dengan skill serta kualifikasi yang saat ini kamu miliki saat mencari kerja. Itulah sebabnya, tak hanya saat pertama kali kamu melamar kerja, kamu pun tetap harus memberi kesan yang baik dan profesional pada recruiter saat menanggapi panggilan interview kerja. Bagaimana caranya? Simak tips membalas email panggilan interview kerja dengan profesional berikut ini.

Baca juga: 3 Cara Balas Email Undangan Interview Dari HRD

Balas tepat waktu

Makin cepat kamu membalas email panggilan interview kerja dari recruiter, maka akan makin baik. Recruiter butuh waktu untuk mengatur persiapan interview dengan baik, apalagi bila ternyata jadwal yang ditawarkan harus disesuaikan lagi dengan ketersediaanmu dan pewawancara. Itu sebabnya, jangan biarkan recruiter menunggu konfirmasi darimu terlalu lama. Cobalah langsung berikan respons setidaknya dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah menerima email panggilan interview kerja.

Ucapkan terima kasih

Lanjutkan isi email balasan untuk panggilan interview dengan memberikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan recruiter. Pada bagian ini, kamu juga bisa sebutkan nama posisi serta nama perusahaan yang kamu lamar seperti, “Terima kasih banyak atas undangan wawancara kerja untuk posisi (nama posisi yang dilamar) di perusahaan (nama perusahaan).” Hal ini berguna untuk membantu memperjelas isi email balasan untuk undangan interview. Ini juga akan sangat membantu HRD yang sedang menyiapkan sesi wawancara kerja lainnya.

Baca juga: 3 Pertanyaan Interview HRD yang Menjebak

Jaga email tetap profesional

Balaslah email panggilan interview kerja dengan ringkas dan langsung pada intinya. Konfirmasi kembali waktu, nomor telepon, atau alamat lokasi wawancara sehingga tidak ada lagi kebingungan. Pastikan juga untuk selalu mengoreksi email sebelum mengirimnya. Lihat seluruh isi email dan periksa apakah masih ada kesalahan penulisan atau tidak.

Pastikan membalas email panggilan interview kerja bahkan bila menolaknya

Penting agar selalu membalas email panggilan interview kerja meskipun kamu tidak dapat menghadiri atau menolak panggilan interview tersebut dengan berbagai alasan. Ketika menolak panggilan interview kerja, jelaskanlah dengan sopan melalui email tersebut bahwa kamu tidak dapat melanjutkan proses interview dan tetap berterima kasih atas kesempatan yang diberikan. Hal ini akan menunjukkan sisi profesionalitasmu kepada recruiter.

Sekian artikel tentang tips membalas email panggilan interview. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar