3 Investasi Diri yang Bisa Diterapkan
Siker.id | 22 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Pentingnya investasi diri (siker)

siker.id - Investasi diri sendiri adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas diri, menambah wawasan, serta mendalami dan memperluas skillset. Jadi, tidaklah mengherankan kalau cara ini dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih berpengalaman. Investasi diri penting terutama bila ingin mengejar jenjang karir yang kamu inginkan dalam pekerjaanmu saat ini. Selain itu, hal ini ternyata bisa juga membuatmu jadi kandidat yang memenuhi kualifikasi banyak lowongan pekerjaan. Berikut ini beberapa cara buat melakukan investasi diri yang bisa kamu terapkan.

Baca juga: Berikut 5 Jenis Investasi Jangka Panjang

Memperbanyak relasi dan membangun networking

Cara investasi diri sendiri selanjutnya adalah dengan memperlebar relasi dan membangun networking. Langkah ini bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik di luar maupun di dalam lingkungan kerjamu. Semakin banyak koneksi yang kamu buat, maka semakin banyak pula peluang menarik yang akan kamu dapatkan. Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi diri ini, kamu bisa secara aktif menghadiri acara yang diadakan oleh kantor atau event yang dibuat di lingkungan industri tempat kamu meniti karier.

Ikuti seminar, webinar, workshop, atau kursus

Dengan menghadiri seminar, webinar, workshop, atau kursus, kamu akan mendapatkan wawasan dan skill baru. Wawasan dan skill yang didapat mungkin bisa menjadi jawaban atas tantangan karier, bisnis, ataupun kehidupan personal. Di lingkup tersebut, kamu juga punya kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki gagasan, sudut pandang, atau ketertarikan yang mirip denganmu.

Baca juga: 3 Tantangan Karir seorang Generalis

Membangun percaya diri

Investasi diri sendiri berikutnya adalah membangun percaya diri. Untuk membangun percaya diri, kamu bisa memulainya dengan cara memahami value yang kamu punya, yang mana value tersebut bisa dan siap kamu tawarkan untuk orang lain. Sering kali, orang yang kurang percaya diri memiliki rasa ragu atau takut untuk mengungkapkan value yang mereka miliki. Padahal, semakin kamu mencintai dirimu sendiri dan mengerti value yang kamu miliki, maka kamu akan semakin percaya diri untuk membaginya kepada orang lain.

Sekian artikel tentang investasi diri yang bisa diterapkan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menjalani Karir sebagai Digital Nomad


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar