4 Penyebab Munculnya Pengangguran Terbuka
Siker.id | 22 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Penyebab pengangguran terbuka (siker)

siker.id - Apakah kamu seorang job seeker yang masih belum mendapatkan pekerjaan? Menurut International Labour Organization (ILO), kamu adalah seorang pengangguran terbuka, lho. Pengangguran terbuka adalah orang-orang yang sampai sekarang belum mendapatkan pekerjaan. Nah alalu apa yang menjadi penyebab pengangguran terbuka ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Macam Gaya Kerja yang Lazim di Tempat Kerja

Minimnya pengalaman

Selain kurangnya keterampilan, minimnya pengalaman adalah penyebab terjadinya pengangguran terbuka. Biasanya, ini terjadi pada fresh graduates yang sedang mencari pekerjaan. Masalah ini terjadi karena adanya lowongan pekerjaan entry-level yang tetap membutuhkan pengalaman kerja. Akibatnya, para fresh graduates yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali mengalami kesulitan untuk melamar. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan mengikuti magang terlebih dahulu.

Isu diskriminasi

Masalah lain yang dapat menyebabkan terjadinya pengangguran terbuka adalah isu diskriminasi. Misalnya perusahaan yang hanya mau mempekerjakan pekerja dari golongan agama, etnis, atau jenis kelamin tertentu. Contoh lainnya, perusahaan menolak mempekerjakan penyandang disabilitas meski ia memiliki kemampuan untuk bekerja. Tentu saja hal ini tidak diperbolehkan secara undang-undang. Berdasarkan Undang-undang Ketenagakerjaan pasal 6, setiap pekerja berhak mendapatkan perlakuan tanpa diskriminasi. Jadi kalau kamu mengalami perlakuan diskriminatif saat melamar pekerjaan, kamu berhak menegur rekruternya.

Baca juga: Kerja Tidak Sesuai Jobdesk? Lakukan 4 Hal Ini

Kondisi ekonomi

Pengangguran terbuka juga bisa terjadi akibat perubahan kondisi ekonomi. Teriutama ketika terjadi krisis ekonomi. Saat terjadi krisis ekonomi, akan ada banyak perusahaan yang melakukan efisiensi karyawan. Sehingga banyak pekerja kehilangan pekerjaan. Akibatnya, jumlah pengangguran pun semakin bertambah.

Rendahnya permintaan

Selanjutnya, penyebab terjadinya pengangguran terbuka adalah rendahnya permintaan industri terhadap pekerjaan tertentu. Contohnya, lowongan pekerjaan di industri digital marketing di Sidoarjo mungkin tidak sebanyak di Jakarta. Dengan begitu, kamu mungkin akan kesulitan mendapat pekerjaan di bidang digital marketing di Sidoarjo dibandingkan dengan di Jakarta.

Sekian artikel tentang penyebab munculnya pengangguran terbuka. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Pulang Kerja On Time


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar