Apa Itu Riset Produk? Apa Manfaatnya? Yuk Pahami!
Siker.id | 21 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Riset produk merupakan salah satu proses yang tidak boleh dilewatkan dalam mengembangkan sebuah produk di perusahaan. Riset produk didefinisikan sebagai proses mengumpulkan informasi seputar tujuan suatu produk, arah pengembangan, dan solusi apa saja yang bisa ditawarkan ke konsumen.

Tanpa adanya riset, produkmu besar kemungkinan tidak akan memenuhi kebutuhan konsumen dan tentunya memengaruhi penjualan dan pendapatan perusahaan nantinya. Riset produk biasanya dilakukan dengan survei dan mempelajari target untuk mengetahui kebutuhan yang diinginkan dari produkmu.

Riset produk biasanya dilakukan ke dalam 4 tahap, yaitu :

Baca juga : 3 Tips Hasilkan Foto Produk yang Ciamik

1. Sebelum peluncuran produk

Di tahap ini, kamu mengidentifikasi dan melakukan screening terhadap ide produk baru.

Hal utama yang harus kamu lakukan dalam tahap riset produk ini adalah mencari tahu fitur apa saja yang bisa dikembangkan berdasarkan kebutuhan konsumen dan bagaimana mengembangkan produk yang market-fit.

2. Testing dan feedback

Pelajari apa yang konsumen sukai atau tidak sukai dan pikirkan cara bagaimana kamu bisa memberikan improvement untuk menyenangkan mereka. Kamu bisa melakukan testing dan feedback secara in house atau menawarkan program trial ke konsumen yang tergabung dalam grup kecil.

3. Soft launch produk

Tahap selanjutnya dalam melakukan riset produk adalah soft launch. Di mana, tahap ini digunakan untuk menganalisis seberapa efektif dan bergunanya produkmu di mata konsumen.

Sehingga, pada tahap ini kamu bisa mendapatkan banyak feedback dari prospek lalu mengetahui perubahan apa saja yang bisa dilakukan sebelum merilis produk ke pasar.

Baca juga : 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan

4. Post launch

Di tahap ini, riset produk dilakukan untuk mengetahui perilaku dan respons konsumen terhadap produk barumu. Sehingga, riset produk dalam tahap ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen dan mencari tahu apabila ada bug atau kekurangan serta fitur yang bisa diperbaiki.

Manfaat Riset Produk

 

Di pembahasan sebelumnya, riset produk adalah tahapan penting dalam product development. Mengapa? Hal ini karena riset produk memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan olehmu ketika melakukannya.

Nah, mengutip dari MBA Skool, berikut beberapa manfaatnya.

  • bisa membuat produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen
  • produk yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen lebih baik lagi
  • mengetahui permasalahan yang dialami konsumen ketika menggunakan produkmu dan langsung mengatasinya
  • membuatmu lebih mudah dalam melakukan inovasi terhadap produk
  • memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan produk kompetitor
  • menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan business goals-mu

Nah, itulah dia pembahasan tentang riset produk hingga manfaatnya, semoga bermanfaat ya! Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih. 

Baca juga 3 Kesalahan Fatal saat Menawarkan Produk


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar