5 Profesi Yang Cocok Untuk Kaum Introvert
Siker.id | 21 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Introvert merupakan kepribadian yang memerlukan lingkungan bekerja yang tenang dan nyaman. Pekerja dengan kepribadian ini membutuhkan pekerjaan dimana tidak banyak interaksi supaya dapat berkembang dengan baik dan fokus. 

Nah, berikut ini ada beberapa pekerjaan yang sesuai dengan seseorang yang memiliki kepribadian introvert. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Mengurangi Rasa Canggung bagi Introvert

1. Programmer

Dewasa ini banyak perusahaan teknologi informasi yang membutuhkan seorang progammer. Profesi ini dinilai cocok, lho, untuk pekerja introvert. Dengan luasnya ruang untuk bekerja secara mandiri, pekerjaan ini juga bisa mendorong para introvert untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif dan inovatif.

Menjadi programmer juga tidak mengaruskan pekerja untuk sering-sering berinteraksi dengan rekan kerja. Deskripsi tugas mereka bahkan biasanya sudah tersedia dalam brief harian yang singkat.

2. Research analyst

 

Nah, pekerjaan ini dinilai cocok untuk para introvert yang gemar mengkaji hal baru dan memiliki latar belakang penelitian yang kuat. Ranah pekerjaan ini juga mengutamakan metode kerja mandiri atau dalam grup yang kecil.

Research analyst pun biasanya dapat menyelesaikan pekerjaan mereka secara mandiri tanpa pengawasan yang ketat dari atasan. Hal ini adalah keuntungan bagi para introvert yang biasanya memilih kondisi lingkungan fleksibel untuk menunjukkan kemampuannya secara menyeluruh.

Baca juga : 3 Tips Jitu Untuk Karyawan Introvert Di Kantor

3. Content writer

 

Beberapa industri kreatif telah mengikis banyak jam kantor untuk departemen kreatifnya. Hal ini dilakukan karena karya dinilai lebih bagus saat penulis bekerja secara mandiri.

Maka dari itu, bagi kamu introvert dengan jiwa yang kreatif, pekerjaan sebagai content writer akan cocok untuk kamu. Bahkan, introvert pun sejatinya lebih mahir untuk mengekspresikan diri dan berkarya dalam bentuk tulisan dibandingkan secara verbal.

4. Konselor

 

Bekerja sebagai seorang konselor memerlukan kemampuan empati dan mendengarkan yang baik. Nah, pekerjaan ini akan cocok untuk introvert berdasarkan bentuk pemikiran dan kemampuan mereka untuk membaca orang.

Tak hanya itu, kemampuan empati seorang introvert yang tinggi juga akan sangat berguna ketika mereka sedang membantu pasien. Maka dari itu, kamu yang introvert dan memiliki latar belakang studi psikologi disarankan untuk berkecimpung dalam bidang ini.

5. Fotografer

 

Ciri khas seorang introvert adalah kreativitas mereka. Nah, dengan menjadi fotografer, introvert dapat berekspresi dengan mudah. Sebab, mereka memiliki fleksibilitas dan ruang lebih untuk berkarya tanpa gangguan pihak lain.

Itulah dia beberapa profesi yang cocok untuk para kaum introvert, selain itu bisa juga lho menjadi seorang content editor, design graphic, dan lain sebagainya karena para introvert memang dikenal memiliki segudang kreativitas dan inovasi mereka yang dituangkan melalui karyanya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Berinteraksi Dengan Rekan Kerja Yang Introvert


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar