3 Tips Persiapan Diri Sebelum Pensiun Dini
Siker.id | 21 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Persiapan pensiun dini (siker)

siker.id - Pensiun menjadi sebuah langkah besar dalam kehidupan seseorang. Dengan harapan bisa menikmati sisa hidup yang nyaman, nyatanya tidak sedikit yang mengalami kesulitan setelah pensiun. Masalah finansial menjadi salah satu faktor yang membuat orang menyesal untuk berhenti bekerja. Itulah mengapa kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari. Setidaknya ada tiga hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum pensiun dini. Berikut ulasannya untuk kamu!

Baca juga: Inilah 3 Keuntungan Pensiun Dini

Berlatih pensiun sebelum benar-benar pensiun

Tak sedikit calon pensiun yang bergantung pada perusahaan selama bekerja. Mempersiapkan diri untuk mandiri ketika pensiun sangat perlu dilakukan. Jadi, sebelum benar-benar pensiun, coba lihat apakah kamu mempunyai aset serta pendapatan tetap yang bisa memenuhi pengeluaran ketika pensiun. Latihlah diri dan keluarga untuk hidup sesuai dengan uang pensiun yang dimiliki nantinya. Jika terasa cukup nyaman, itu tandanya kamu siap untuk pensiun.

Rencanakan masa pensiun bersama dengan pasangan

Ada baiknya duduk bersama dengan pasangan sebelum mengambil keputusan untuk pensiun sejak kalian masih produktif. Rencanakan apakah kamu ingin pensiun bersama dengan pasangan jika kalian berdua sama-sama bekerja. Kamu juga bisa mengajukan pensiun dini sehingga bisa istirahat terlebih dulu dibandingkan pasangan atau sebaliknya. Dengan perencanaan yang matang, kalian berdua bisa terhindar kesulitan finansial di masa pensiun nanti.

Baca juga: Pekerjaan Bagi yang Sudah Pensiun

Habiskan waktu pensiun sesuai dengan keinginan

Tak sedikit yang menghabiskan waktu pensiun dengan melakukan hal-hal yang diinginkan. Merasa di kota sangat padat, banyak para pensiunan memilih kembali ke kampung halamannya. Dengan uang sisa pensiun, kamu bisa membeli sepetak tanah dan rumah sederhana. Menghabiskan waktu di desa sambil bercocok tanam banyak jadi pilihan para pensiunan. Namun, jika sudah terlanjur mencintai kehidupan kota, kamu tetap bisa mengisi hari tua dengan melakoni kesibukan sebagai relawan atau sekadar membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Yang terpenting kamu tetap aktif meski sudah pensiun.

Sekian artikel tentang tips mempersiapkan diri sebelum pensiun dini. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Etika dalam Meminta Kenaikan Gaji Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar