Kenali Profesi HRBP, Profesi Penting Di Industri HR Modern
Siker.id | 20 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - HRBP atau Human Resources Business Partner merupakan profesi pengembangan dari HR Management dengan tanggung jawab yang lebih luas. Kini profesi HRBP semakin populer di berbagai perusahaan karena HRBP sangat bermanfaat untuk membantu mengembangkan dan menerapkan manajemen yang lebih baik.

Human resources merupakan aset organisasi yang paling berharga. HRBP sendiri juga merupakan profesi penting dalam era HR modern ini, karena memiliki tanggung jawab untung mampu bekerja lebih dekat dengan organisasi dan turut memberikan ide serta nilai dalam bisnis. HRBP juga lebih fokus pada pengembangan strategi yang bisa mengarahkan departemen HR menjadi lebih baik serta sesuai dengan tujuan perusahaan. 

Baca juga : 3 Profesi Cocok Untuk Yang Hobi Traveling

Menjadi HRBP juga membutuhkan strategi khusus untuk mengembangkan skill karyawan demi menunjang kemajuan dari bisnis perusahaan. Maka, HRBP juga memiliki tugas untuk memperbarui strategi dalam pengembangan bakat karyawan serta perekrutan karyawan baru. HRBP juga sebagai penghubung bagi karyawan dan manajer dalam perusahaan.

- Tanggung jawab HRBP

Tanggung jawab dari HRBP tentunya akan cukup berbeda sesuai kebijakan dari perusahaan masing-masing. Namun, pada umumnya HRBP tidak memiliki tanggung jawab menjadi pengawas langsung tetapi lebih sebagai penasihat atau mentor untuk tim leader.

Baca juga : Jarang Dikenal, Ini 4 Profesi Bidang Seni Yang Unik

- Tugas HRBP

  • Melakukan pertemuan mingguan dengan setiap unit bisnis
  • Berkonsultasi dengan manajemen untuk memberikan panduan HR
  • Menganalisis tren dan metrik dengan departemen HR untuk mengembangkan solusi, program, dan kebijakan
  • Mengelola dan menyelesaikan masalah kompleks yang menyangkut karyawan dengan melakukan investigasi yang menyeluruh dan obyektif
  • Meningkatkan pengetahuan soal informasi hukum yang terkait dengan manajemen karyawan
  • Memberikan panduan saat ada kebijakan yang berhubungan dengan HR yang baru
  • Mengembangkan persyaratan kontrak untuk karyawan baru, karyawan yang promosi, atau transfer departemen
  • Memberikan arahan dan masukan dalam restrukturisasi unit bisnis dan perencanaan tenaga kerja
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan untuk unit bisnis dan pembinaan karyawan
  • Berpartisipasi dalam evaluasi dan pemantauan program pelatihan dan memastikan kesuksesannya

- Skill yang dibutuhkan HRBP

1. Skill komunikasi

Skill pertama yang harus dikuasai jika kamu ingin mencoba profesi ini adalah komunikasi. Tanpa kemampuan yang satu ini pasti dijamin akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Saat menjadi HRBP maka akan selalu berhubungan langsung dengan setiap karyawan.  Mulai dari yang paling junior hingga para pemimpin di seluruh aspek bisnis.

Itulah mengapa penting untuk menguasai skill komunikasi karena profesi ini juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan ide ke para pimpinan dan instruksi ke para karyawan..

2. Analytical skill

Kandidat untuk posisi ini harus mampu mengumpulkan informasi dari data yang dimiliki, kemudian menganalisisnya dan menarik suatu rekomendasi yang dibutuhkan.

Membuat strategi yang bermanfaat untuk bisnis bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kemampuan mengumpulkan data dan mengolahnya. Selain itu, kinerja dari program yang sudah diterapkan juga harus kembali dianalisis untuk mengetahui efektivitas dari program tersebut.

3. Interpersonal skill

Skill yang satu ini menjadi dasar yang penting jika ingin membangun hubungan baik dengan orang lain. Beberapa contoh dari interpersonal skill adalah empati, problem solving, active listening, hingga leadership.

Dengan memahami beberapa hal di atas pastinya akan lebih mudah saat berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain.

Itulah di atas tadi mengenal lebih jauh tentang apa sih HRBP, profesi yang sedang hits sekali di era modern ini. Dan sekarang menjadi salah satu profesi sangat penting dalam industri Human Resources Modern. Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan posisi HRBP ini? Yuk mulai asah skill kamu untuk menjadi seorang HRBP yang profesional.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Profesi Dengan Gaji Tinggi Tapi Sepi Peminat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian