4 Tugas Talent Acquisition
Siker.id | 20 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Talent Acquisition seringkali disamakan dengan bagian recruitment perusahaan, nyatanya kedua profesi ini memiliki sedikit perbedaan. Talent acquisition adalah seseorang yang mengidentifikasi dan mengakuisisi karyawan dengan talenta terbaik guna memenuhi kebutuhan perusahaan. Talent acquisition juga bertugas menjaga kualitas karyawan secara berkelanjutan, salah satunya dalam hal employer branding.

Nah, berikut ini ada beberapa tugas talent acquisition. Simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Tugas Utama HRD Generalist

1. Inbound marketing

Sebelum merekrut karyawan, tugas talent acquisition adalah menarik perhatian para pencari kerja untuk melamar di perusahaannya. Pada tahap inbound marketing, talent acquisition bertanggung jawab untuk membangun citra bahwa menjadi karyawan di perusahaan tersebut adalah pilihan yang tepat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun employer brand yang kuat, membuat recruitment marketing campaign, dan sebagainya.

2. Outbound marketing

Pada tahap inbound marketing, talent acquisition akan berfokus pada internal perusahaan. Talent acquisition bisa dibilang menarik perhatian pencari kerja secara pasif.

Sementara itu dalam outbound marketing, talent acquisition lebih aktif dalam mencari kandidat terbaik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, yaitu memasang iklan recruitment yang menarikmenyebar emailhingga mencari kandidat dari job site.

Baca juga : Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff

3. Filtering and selection

Tahap ketiga dari tugas seorang talent acquisition adalah mengurasi kandidat yang melamar pekerjaan. Kemungkinan akan ada banyak kandidat yang melamar. Dari sekian banyak kandidat tersebut, talent acquisition harus menemukan kandidat terbaik bagi perusahaan berdasarkan berbagai parameter yang telah ditentukan.

Beberapa parameter yang biasa digunakan adalah kualifikasi pendidikan, skill, kepribadian, tujuan karier, dan culture fit. Bagi sebagian perusahaan, culture fit merupakan salah satu parameter yang paling penting.

4. Conversion and onboarding

Setelah mendapatkan kandidat terbaik, talent acquisition masih terus bertanggung jawab pada karyawan baru tersebut di dalam perusahaan. Kemudian, talent acquisition juga akan memberikan onboarding pada karyawan baru. Onboarding adalah proses mengenalkan perusahaan pada karyawan baru.

Beberapa hal yang dikenalkan biasanya seperti informasi general perusahaan, culture, aturan, dan workflow. Di beberapa perusahaan, proses onboarding bisa dilakukan lebih dari satu hari.

Itulah dia beberapa tugas dari seorang talent acquisition, menarik bukan? Dan pastinya sedikit berbeda dengan recruiter. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat ya!

Sekian, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tugas Menjadi Asisten Pribadi Seorang Bos


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar