3 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan
Siker.id | 20 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Motivasi kerja, setiap karyawan sangat membutuhkan hal ini untuk meningkatkan performa dalam bekerja di perusahaan. Sebagai pemimpin, Anda memiliki kewajiban memperhatikan karyawan agar tetap semangat dalam bekerja dan juga memberikan motivasi kerja.

Motivasi kerja bisa saja menurun karena adanya rasa jenuh, tidak nyaman, dan sebagainya. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan motivasi kerja pada karyawan. Simak di bawah ini.

Baca juga : 4 Bentuk Apresiasi Kepada Karyawan

1. Berikan Bekal atau Pelatihan untuk Pengembangan Diri

Agar karyawan dapat bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan perusahaan, Anda dapat memberikan bekal atau pelatihan yang dapat membantu mereka untuk mengembangkan diri serta kemampuannya. Berikanlah pelatihan sesuai dengan skill yang mereka miliki atau jika Anda melihat bahwa seorang karyawan memiliki ketertarikan untuk mempelajari hal tertentu, berikan juga pelatihan kepada karyawan tersebut agar mereka dapat berkembang.

Baca juga : 3 Hal Yang Ditakuti Karyawan Di Kantor

2. Mengadakan Outing atau Liburan Bersama

Setiap hari Senin hingga Jumat selama 8 jam atau lebih, karyawan Anda hanya menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal yang dilakukan selama berulang-ulang tersebut tentu akan membuat mereka menjadi jenuh dan motivasi kerja juga akan menurun.

Untuk kembali membangkitkan motivasi kerja mereka, Anda dapat mengadakan kegiatan outing atau liburan bersama yang dapat membuat karyawan refreshing sejenak sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari. Kegiatan seperti ini juga dapat membantu karyawan untuk saling mengenal sesama rekan kerjanya.

3. Memberikan Jenjang Karier yang Jelas

Setiap karyawan di semua perusahaan pasti sangat menginginkan jabatan atau promosi seiring dengan perkembangan potensi yang mereka miliki, serta kinerja yang semakin baik dengan ditunjukkan melalui prestasi.

Dengan adanya jenjang karier yang jelas, tentu saja hal ini akan membuat karyawan semakin semangat dalam bekerja, karena adanya motivasi kerja yang jelas. Ini akan membuat mereka semakin semangat kerja untuk mengejar reward kenaikan jabatan yang tentu saja akan berdampak pada kenaikan penghasilan mereka.

Itulah dia beberapa cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan, selain itu berikan apresiasi pada karyawan akan hasil kerjanya dan juga berikan karyawan kesempatan untuk berpendapat agar para karyawan merasa bahwa keberadaan mereka diakui oleh sang pimpinan.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tanda Karyawan yang Toxic di Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar