4 Tips Membangun Hubungan Kerja Yang Positif
Siker.id | 20 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi lingkungan kerja yang positif (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap tim dalam perusahaan, pasti memiliki tujuan profesional, baik secara individu maupun secara organisasi. Setiap anggota tim juga pastinya memiliki pendapat yang berbeda dan memiliki keinginan besar untuk memenuhi tujuan masing-masing. Maka, sangat penting memiliki hubungan kerja yang baik dan positif walaupun setiap anggota tim memiliki perbedaan pendapat.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips untuk membangun hubungan kerja yang positif. Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Tips Buat Mengatasi Demam Panggung

1. Menghormati waktu rekan Anda

Sangatlah penting untuk menghormati waktu dan upaya yang diberikan setiap anggota tim. Hargailah setiap waktu yang dibutuhkan rekan Anda saat ia sedang berusaha menyelesaikan tugasnya. Jangan mengganggu dan meremehkan usaha yang dilakukan, sekalipun itu merupakan hal kecil.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda akan selalu memiliki waktu untuk membantu rekan yang membutuhkan. Tujuan utama yang penting untuk diingat adalah bahwa Anda harus memastikan tidak ada pekerjaan yang tertunda dan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang bagus.

2. Menyapa

Menyapa rekan kerja Anda mungkin terdengar sangat biasa. Tetapi, itu menandakan bahwa Anda sedang membangun lingkungan kerja yang positif. Anda mungkin akan terkejut dengan hasil yang dihasilkan dari kebiasaan kecil ini.

Sapalah rekan kerja Anda setiap pagi dan pastikan Anda juga membangun kontak mata yang menandakan bahwa Anda ingin mendapatkan kepercayaan mereka. Ini akan membangun kepercayaan di dalam tim dan mencairkan suasana.

Baca juga : 5 Tips Mempertahankan Argumen yang Tepat

3. Perlakukan setiap orang dengan adil

Sebagai bagian dari tim, Anda tidak dapat memihak kepada siapapun. Politik organisasi hanya akan mematikan tim dan merusak Citra diri Anda. Hindari gosip dan menyebarkan berita bohong. Dan tarik diri Anda agar tidak terlibat dalam gosip.

Membicarakan orang lain dibelakang mungkin terlihat sebagai suatu hal yang menyenangkan. Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang akan tinggal dalam organisasi selama-lamanya. Setiap orang akan pergi dan meninggalkan organisasi. Jadi simpan saja pendapat Anda akan seseorang dalam pikiran Anda.

4. Terlibat dalam suatu kegiatan

Sebagai bagian dari tim, Anda haruslah peduli terhadap anggota lainnya dan harus juga siap dengan target yang diberikan. Jika Anda memiliki kesempatan, tanyakan rekan kerja Anda tentang kinerja Anda dan hal apa yang perlu Anda tingkatkan.

Bersikaplah terbuka terhadap perubahan dan perkembangan. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab dan mau belajar.

Itulah dia beberapa tips membangun hubungan kerja yang positif dengan rekan kerja Anda di dalam sebuah tim, selain itu komunikasi yang baik juga diperlukan dan harus berani mengakui kesalahan apabila memang melakukan kesalahan. 

Demikian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menjadi Karyawan Berprestasi Di Kantor


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar