3 Tips Mempertahankan Hubungan Profesional
Siker.id | 20 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilusttrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Tantangan terbesar dalam berkarir salah satunya yaitu mempertahankan sebuah hubungan yang profesional. Beberapa faktor yang kita butuhkan untuk membangun hubungan profesional yang kuat seperti komunikasi yang baik dan koneksi saja tidak cukup, tetapi kita harus berusaha mempertahankannya.

Selain itu kita perlu mengadakan tindak lanjut agar tidak hanya mengoleksi setumpukan kartu nama di meja saja. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mempertahankan hubungan profesional dalam berkarir.

Baca juga : 3 Tips Melakukan Pekerjaan dengan Ikhlas

1. Menemukan waktu

Kita harus menemukan waktu yang tepat untuk dapat berjejaring. Ini bisa saja dilakukan saat istirahat makan siang atau mungkin pergi ke kedai kopi setelah jam kerja. Ini tidak perlu dilakukan setiap waktu.

Satu hal yang perlu diingat dalam hubungan profesional, kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Nah, pertemuan yang sesekali harus dimaksimalkan dengan tepat. Dan ketika bertemu secara langsung, miliki percakapan yang memungkinkan Anda untuk saling bertukar wawasan atau strategi yang digunakan dalam karier masing-masing.

2. Temukan alasan

Setelah menemukan waktu untuk mempertahankan hubungan, kita dapat memulai untuk menjangkau rekan dalam daftar kontak kita. Ini dapat ditentukan dengan lamanya kita mengenal dan berinteraksi dengan orang tersebut. Misalnya, Anda menghubungi orang tersebut karena Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin menanyakan ketersediaan pekerjaan. 

Jika Anda merasa ragu, miliki rasa ingin tahu yang tinggi. Cobalah untuk menanyakan pertanyaan terbuka yang jawabannya benar-benar ingin Anda ketahui. Ketika Anda sedang dalam percakapan tentang topik yang menarik bagi Anda, Anda tidak akan merasa khawatir tentang hal itu.

Baca juga : 3 Tips Yang Dapat Membantu Lebih Hemat Saat DI Kantor

3. Dapatkan kepercayaan diri

Kepercayaan diri dibutuhkan untuk terus membangun hubungan profesional menjadi tantangan dalam karier kita. Tidak peduli keraguan apa saja yang berusaha untuk menahan kita, semua hal dapat dapat diluluhkan dengan kemurahan hati yang tulus. Jadi, sangatlah penting untuk bersikap melayani dan menjadi otentik.

Satu-satunya alasan yang membuat kita ingin membangun hubungan profesional adalah karena kita ingin mengembangkan diri, bukan menginginkan hal lain dari orang itu. Percaya dan yakinlah bahwa Anda dapat memiliki hubungan profesional yang baik dengan orang-orang yang dapat memajukan karier Anda. 

Demikian di atas tadi beberapa tips untuk mempertahankan hubungan profesional, selain itu tetap komunikasi dengan bahasa yang baik agar tidak menyakiti atau mengintimidasi rekan Anda.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Dalam Membangun Talent Pool yang Efektif


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar