3 Tips Biar Tidak Kewalahan dalam Padatnya Pekerjaan
Siker.id | 20 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Tidak kewalahan dalam bekerja (siker)

siker.id - Rutinitas kerja yang terbilang padat tentu bisa melelahkan baik secara fisik dan mental. Apalagi bagi kamu yang belum terbiasa menghadapi tekanan atau punya kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan, hal seperti ini dapat membuatmu kewalahan dalam bekerja. Supaya tidak stres dan tanggung jawabmu juga bisa terselesaikan dengan baik, kamu perlu pintar-pintar me-manage waktumu dengan baik. Berikut ada tiga tips yang bisa kamu terapkan agar tidak mudah kewalahan di tengah padatnya kesibukan.

Baca juga: 3 Manfaat Bersikap Tenang Dalam Bekerja

Bangun rutinitas pagi yang produktif

Produktif atau tidaknya kita sehari-hari juga bergantung dengan bagaimana kita mengawali hari. Beberapa hal yang bisa kamu terapkan diantaranya mulai bangun pagi lebih awal, berolahraga, meditasi dan sarapan makanan bergizi. Gak hanya menyehatkan fisik dan mental, rutinitas pagi yang produktif juga berguna untuk melatih kedisplinan. Misalnya, kamu jadi terbiasa mengerjakan sesuatu lebih awal dan terhindar dari bermalas-malasan. Kebiasaan ini juga membuatmu jadi lebih positif dan berenergi sehingga siap menghadapi hari.

Praktikkan konsep 80/20

Menurut konsep 80/20 atau juga dikenal dengan konsep Pareto, pada umumnya 80 persen hasil bergantung pada 20 persen usaha. Maksudnya adalah jika kamu ingin memperoleh hasil yang maksimal, maka fokus pada hal-hal penting saja. Untuk menerapkannya, tentukan aktivitas-aktivitas yang dapat memberikan dampak besar bagi kamu dan pekerjaanmu. Kemudian, prioritaskan energi dan waktumu seoptimal mungkin pada aktivitas tersebut. Selain lebih efektif mencapai target, cara ini juga mendorongmu untuk bekerja lebih efisien.

Baca juga: 3 Dampak Terlalu Lama Bekerja Di Depan Laptop

Segera selesaikan pekerjaan sederhana secara singkat

Jangan biasakan diri menunda-nunda. Sebab, banyak orang kewalahan lantaran pekerjaan yang terlanjur menumpuk sehingga tak sanggup lagi menyelesaikannya. Jika ada tugas yang menurutmu tidak butuh waktu lama untuk diselesaikan, maka segera kerjakan. Dengan begitu, pekerjaanmu jadi tidak banyak menumpuk dan kamu bisa lanjut untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya yang memakan waktu lama.

Sekian artikel tentang tips tidak kewalahan dengan padatnya pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Faktor Penghambat Produktivitas Saat Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar