3 Tips Menghadapi Dampak adanya PHK
Siker.id | 20 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Hadapi dampak PHK (siker)

siker.id - Masa-masa sulit bagi karyawan adalah saat perusahaan mulai dalam keadaan tidak stabil secara finansial terutama dalam situasi yang kritis. Dampak situasi ini tentu akan berisiko pada keputusan besar manajemen yang salah satunya adalah PHK secara massal. Sebagai karyawan, bagaimana cara menghadapi situasi pemutusan hubungan kerja tersebut? Berikut tiga hal yang penting disadari jika kamu kehilangan pekerjaan.

Baca juga: 3 Langkah Antisipasi PHK Akibat Pandemi

Situasi ini bukan sepenuhnya salah kamu

Jika merujuk pada teori Five Stages of Grief, dalam titik tertentu, khususnya pada tahap menawar, kamu akan banyak bertanya-tanya, mengandai-andai tentang situasi yang kamu hadapi. 'Mungkin semua ini tidak tejadi kalau aku bekerja dengan baik', 'mungkin ini tidak akan menimpaku jika aku bekerja di perusahaan lain', 'bisakah aku kembali jika aku melakukan pekerjaan yang lain' dan pertanyaan atau pengandaian lain semacam itu. Padahal, keputusan yang mengakibatkan kamu kehilangan pekerjaan bukanlah semata-mata kesalahan kamu. Perusahaan pasti memiliki banyak pertimbangan lain hingga akhirnya sampai pada keputusan sulit itu.

Fokus untuk berpikir tentang masa depan

Kamu tidak hidup di satu titik saja. Begitu juga dengan tempat bekerjamu. Kamu tidak hanya bekerja untuk perusahaan itu saja. Berpikirlah positif di balik situasi kehilangan pekerjaan yang kamu hadapi. Mungkin kamu bisa mengembangkan kemampuanmu di tempat yang lebih baik, mungkin kamu akan bertemu dengan orang-orang yang lebih hebat, mungkin kamu punya kesempatan lebih banyak untuk berkembang, dan masih banyak lagi. Masa depan kamu menunggu setiap langkah yang kamu lakukan hari ini. Kehilangan pekerjaan jangan sampai menghentikan langkah-langkah hebat yang kamu lakukan biasanya.

Baca juga: Wajib Tahu ! Ini Hak Karyawan jika Terkena PHK

Jangan biarkan pikiran negatif mengusaimu

Hari sulit yang kamu hadapi setelah mendengar keputusan PHK adalah hari yang harus kamu terima. Wajar jika kamu bersedih, kecewa. Namun, jangan biarkan pikiran negatif menguasai dirimu hingga berdampak pada kemungkinan buruk yang tak bisa kamu kendalikan. Bersedih dan kecewa secukupnya, kamu masih punya banyak hal yang bisa kamu lakukan. Pikiran negati pasti akan datang, tetapi pastikan kamu bisa mengontrolnya dengan kesadaran diri yang penuh.

Sekian artikel tentang tips hadapi dampak adanya phk. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Kena PHK


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar