4 Etika dalam Penggunaan Ruang Rapat
Siker.id | 20 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Etika menggunakan ruang rapat (siker)

siker.id - Tahukah kamu, bahwa ada etika yang perlu diterapkan ketika sedang menggunakan ruang meeting atau rapat? Ya, sebagai seorang pekerja profesional, ada beberapa aturan tak tertulis yang harus diikuti semua peserta rapat. Etika-etika ini diperlukan agar situasi meeting tetap kondusif, serta menjadi cara supaya rapat berjalan dengan efisien. Lalu apa saja etika-etika yang perlu diketahui terutama dalam penggunaan ruang rapat? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Inspirasi Ruang Meeting Ala Generasi Milenial

Jadwalkan jam meeting dengan baik

sebaiknya pemimpin rapat menjadwalkan meeting dengan baik. Pastikan seluruh peserta rapat mengetahui jadwal yang telah dibentuk agar ruang meeting dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, jika tidak semua peserta datang, dan hanya 3 sampai 4 karyawan yang hadir, pesanan untuk ruang meeting akan terasa sia-sia.

Persiapkan semuanya

Jika kamu bertanggung jawab untuk mengatur meeting, persiapan adalah etika penting yang harus kamu perhatikan saat menggunakan ruangan. Kalau rapatmu memerlukan peralatan seperti proyektor, layar, laptop, dan lain-lain, siapkan barang-barang ini. Kamu juga perlu memastikan fasilitas lain seperti AC, kabel, hingga kursi berfungsi dengan baik. Jika menemukan kendala, kamu bisa berkoordinasi dengan pihak yang biasa mengelola peralatan.

Baca juga: Menata Ruang Kerja Agar Lebih Produktif Menurut Fengshui

Pesan ruangan lebih awal

Umumnya, di kantor maupun working space, jumlah ruang meeting itu terbatas. Oleh karena itu, sebelum menggunakan ruangan, peserta harus memesannya terlebih dahulu. Nah, agar tidak berebut dengan tim lainnya yang juga harus rapat, sebaiknya kamu dan rekan kerja memesan ruangan lebih awal. Jangan sampai kamu menggunakan ruangan tanpa melakukan booking terlebih dahulu. Selain tidak sopan, kamu juga bisa kena peringatan dari tim HRD.

Bersihkan ruangan setelah rapat selesai

Etika menggunakan ruang meeting selanjutnya adalah untuk membersihkan ruangan setelah rapat berakhir. Selain menunjukkan bahwa divisi kamu itu bersih, hal ini merupakan salah satu etika profesional yang perlu dilaksanakan tiap pekerja. Lagipula, kebersihan lingkungan kerja secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas dan mengurangi beban stres yang dirasakan pekerja.

Sekian artikel tentang etika dalam penggunaan ruang rapat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Desain Ruang Kerja untuk WFH


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar