icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang kerja Lulusan Ilmu Politik, Selengkapnya
Siker.id | 22 Nov 2021 15:25


Bagikan ke

siker.id - Program studi Ilmu Politik membekali para mahasiswanya teori dan praktik politik. Karena prodi ini mengajarkan lebih banyak teori tentang berbagai macam sistem politik yang ada di dunia, maka para mahasiswa harus sering melakukan riset dan terus bersikap kritis. Mahasiswa juga harus memiliki daya analisa yang kuat dalam memahami peristiwa-peristiwa sejarah yang mempengaruhi pembentukan struktur politik suatu negara. Kajian yang paling dikenal dalam Ilmu Politik adalah demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia, dan etika sosial politik.

Jurusan atau program studi (prodi) Ilmu Politik merupakan cabang ilmu sosial yang membahas banyak mengenai teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi terhadap akademis, teori dan riset. Prospek kerja lulusan Ilmu Politik juga cukup banyak.

Ketika kamu mendengar jurusan ilmu politik, prospek kerja seperti apa yang ada di dalam benakmu? Dunia politik memang terlihat sangat kompleks. Meski demikian, banyak orang tertarik dengan ilmu ini.

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan Sastra Korea

Ternyata, sebenarnya prospek kerja ilmu politik cukup menjanjikan. Banyak orang hebat yang lahir dari jurusan ini. Nah, kamu pun juga bisa menjadi salah satunya. Yuk, cari tahu prospek kerja ilmu politik apa saja yang menjanjikan untukmu.

1. Peneliti/Pengamat Politik

Saat ini, peneliti di bidang politik itu sendiri masih belum begitu terekspos secara mendalam. Akan tetapi, peranan dari peneliti dan pengamat dalam dunia politik ini begitu diperlukan oleh beberapa pemangku kepentingan.Pemangku kepentingan tersebut contohnya seperti partai politik, calon pemimpin daerah, calon anggota legislatif atau bahkan oleh media massa yang mana saat ini sudah mulai diperlihatkan eksistensinya melalui media massa.

2. Aktivis LSM/Organisasi Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga yang secara sukarela dalam memberikan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat umum tanpa memiliki tujuan untuk mendapat keuntungan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Sementara itu ada organisasi masayarakat yang dibentuk dan dijalankan berbasis terhadap masyarakat, tanpa adanya tujuan politis dan dibentuk atas dasar kepentingan yang sama.

3. Anggota Legislatif

Prospek kerja yang ketiga dari lulusan ilmu politik adalah menjadi anggota legislatif. Meskipun untuk mengikuti pencalonan anggota legislatif bisa dari jurusan kuliah mana saja.

Namun dengan latar belakang pendidikan ilmu politik akan memberi kemudahan tersendiri. Misalnya paham strategi terbaik untuk memenangkan pencalonan dan bagaimana menentukan kebijakan yang tepat dan menguntungkan semua pihak.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

4. Analis Kebijakan

Peran analis kebijakan adalah mempelajari proses untuk menghasilkan kebijakan publik dan implikasinya untuk menerapkan berbagai kebijakan. Analis kebijakan harus menyusun tesis yang kuat dan membangun argumen yang meyakinkan untuk mengadopsi inisiatif kebijakan tertentu atau untuk menentang inisiatif kebijakan tertentu.

5. Pengacara

Pengacara butuh keterampilan penelitian hukum yang dikembangkan oleh jurusan ilmu politik untuk melakukan penelitian tentang masalah legislatif dan kebijakan di bidang politik. Tugas ini adalah bagian dari tanggung jawab pengacara yang bekerja untuk tokoh-tokoh politik, perusahaan lobi, dan kelompok kepentingan tertentu.

6. Konsultan Politik

Jurusan ilmu politik mempelajari proses politik. Ini penting bagi seorang konsultan politik yang bertugas menyusun strategi bagi para kandidat untuk mempengaruhi pemilih dan mendapatkan dukungan dalam kampanye mereka. Para politisi atau orang-orang yang ingin menjadi politisi memanfaatkan jasa konsultan politik untuk membentuk imej positif, mempengaruhi liputan media, dan tujuan akhirnya supaya politisi ini mendapatkan jabatan yang mereka inginkan. Selain untuk politisi, konsultan politik juga bisa bekerja untuk kelompok kepentingan umum seperti organisasi kemanusiaan. Konsultan politik membantu dalam hal birokrasi, dan merumuskan strategi untuk memajukan tujuan mereka.

Demikian 6 prospek kerja Ilmu Politik yang cocok untuk anda yang telah lulus dari fakultas. Ilmu Politik. Diharapkan melalui artikel ini, anda semakin yakin untuk memilih jurusan tersebut karena peluang pekerjaannya cukup besar dan menjanjikan

Baca juga: Apa Saja Ciri Karyawan Yang Tidak Disukai Atasan?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar