3 Sumber Kebahagiaan Seorang Penulis
Siker.id | 20 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Sumber kebahagiaan (siker)

siker.id - Rasa bahagia yang timbul akan membuat seseorang semakin bersemangat dalam meakukan aktivitasnya. Begitu pun dengan penulis. Ada berbagai momen yang membuat penulis bahagia ketika karyanya diapresiasi. Rasa bahagia itu yang menumbuhkan kepuasan dan membuat semakin semangat berkarya. Ada berbagai sumber yang membuat penulis bahagia, di antaranya dijelaskan pada tiga poin berikut.

Baca juga: 3 Modal Penulis untuk Menghasilkan Karya Terbaik

Mendapatkan royalti

Ketika naskah berhasil diterbitkan, maka sumber kebahagiaan selanjutnya adalah mendapat royalti. Pundi-pundi rupiah pun akan masuk ke kantong. Apalagi, jika banyak yang membeli buku atau membaca di platform online. Maka, penghasilan dari royalti pun semakin banyak. Meski tak semua penulis mementingkan uang, tapi memiliki pemasukan dari royalti sebagai penulis itu rasanya sangat membanggakan sekaligus membahagiakan.

Cerita jadi pembelajaran bagi orang lain

Cerita yang ditulis dan memberikan inspirasi bagi pembaca ialah level kepuasaan yang bisa dapat dirasakan oleh penulis. Tak sedikit pula penulis yang memiliki tujuan utamanya menulis yaitu untuk memberikan manfaat dan inspirasi bagi orang lain. Oleh sebab itu, menulis juga memerlukan ilmu yang banyak. Dengan begitu, apa yang ditulis akan memberikan kebaikan juga untuk pembaca.

Baca juga: 3 Modal Utama Menjadi Seorang Penulis

Banyak pembaca yang meninggalkan komen positif

Ketika buku sudah diterbitkan, lalu banyak pembaca yang menyukai, dan menyampaikan kalimat apresiasi, ini akan memberikan semangat bagi penulis untuk terus berkarya. Apresiasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memberikan review yang baik. Selain itu jika naskah diterbitkan di platform online, maka memberikan like dan komentar positif juga membuat penulis semakin bersemangat melanjutkan karya.

Sekian artikel tentang sumber kebahagiaan seorang penulis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tools yang Wajib Harus Dikuasai Penulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar