3 Etika di Kantor agar Tetap Profesional
Siker.id | 20 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Pentingnya etika di kantor (siker)

siker.id - Etika kerja adalah hal yang harus dijunjung tinggi oleh setiap pekerja. Baik kamu seorang fresh graduate yang baru diterima bekerja ataupun seorang dengan pengalaman bertahun-tahun, bagaimana kamu menampilkan diri di hadapan orang lain sangat penting. Etika kerja menunjukkan bahwa kamu punya sikap profesional. Berikut ini etika dasar yang harus kamu terapkan di kantor.

Baca juga: 3 Etika Di Kantor Dapat Meningkatkan Karirmu

Hindari bergosip

Ada banyak godaan untuk bergosip di tempat kerja. Membicarakan cara berpakaian rekan kerja, atasan yang pemarah, hingga hubungan perselingkuhan di kantor mungkin sangat menarik untuk dibahas. Kamu sebaiknya menghindari obrolan seperti ini di kantor. Bahkan, jika rekan kerja yang memulai untuk bergosip, segera cari cara untuk meninggalkannya. Bersikaplah bijaksana sebagai seorang profesional.

Pahami lingkungan kerja

Setiap perusahaan memiliki nilai, kebijakan, dan prosedur berbeda-beda. Mungkin di tahap awal kamu membutuhkan masa beradaptasi di kantor baru yang berbeda dengan kantor lama. Sebagai seorang profesional, kamu sudah seharusnya mempelajari nilai-nilai perusahaan sejak hari pertama bergabung. Contoh sederhananya seperti jam masuk, jam istirahat, pakaian kerja, hingga aturan menggunakan ponsel selama bekerja.

Baca juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

Komunikasi adalah kunci

Komunikasi adalah bagian penting dari etika kerja profesional. Bukan hanya apa yang disampaikan, tetapi bagaimana cara menyampaikannya adalah hal yang harus diperhatikan. Mungkin saja suatu maksud baik diterima sebaliknya karena penyampaian yang salah. Maka dari itu, kamu sebaiknya dapat membedakan bagaimana berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja dan bawahan. Ini bukan hanya berlaku untuk percakapan langsung, tetapi juga komunikasi via email dan pesan teks.

Sekian artikel tentang etika di kantor agar tetap profesional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Etika dalam Meminta Kenaikan Gaji Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar