4 Indikasi Adanya Fraud Di Perusahaan
Siker.id | 17 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Fraud merupakan sebuah perbuatan yang melanggar hukum dan bersifat tidak adil dimana tujuannya untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun kelompok. Kecurangan ini meliputi unsur-unsur tipu daya dan merugikan orang lain. Perbuatan ini bisa dilakukan secara langsung dan pelakunya bisa dari dalam atau luar perusahaan.

Berikut ini ada beberapa indikasi dimana perusahaan Anda mengalami adanya fraud, simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Ciri-Ciri Pemimpin Yang Toxic

1. Modal Kerja yang Tidak Pernah Cukup

Indikasi pertama yang menunjukkan perusahaan tengah menjadi korban fraud adalah modal kerja yang tidak pernah cukup. Padahal jika melihat perbandingan laba rugi, sebetulnya kinerja bisnis tetaplah menguntungkan. Namun faktanya, modal kerja perusahaan selalu kurang sampai-sampai tetap membutuhkan pinjaman kredit dari bank.

2. Pergantian Karyawan di Divisi Keuangan yang Terlalu Sering

Jika jajaran karyawan di bagian accounting dan finance selalu berganti dan seolah tidak betah bekerja di perusahaan untuk waktu yang lama, tentu ada yang salah dalam divisi keuangan tersebut. Anda patut khawatir karena apakah penyebab keluar-masuknya pegawai ini memang hal profesional atau lantaran takut pada petinggi yang memanipulasi laporan keuangan.

Baca juga : 3 Ciri-Ciri Perusahaan Yang Tidak Sehat

3. Keterlambatan Penyerahan Bukti Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang dikerjakan dengan wajar, bertanggung jawab dan sesuai data real seharusnya bisa dilaporkan secara langsung di setiap pergantian bulan. Namun jika divisi yang bertanggung jawab selalu terlambat memberikan laporan, Anda bisa curiga apakah keterlambatan itu wajar atau disengaja demi menutupi penyelewengan dana yang telah terjadi.

4. Benturan Kepentingan Antar Divisi

Masih berkaitan dengan penyebab terjadinya fraud, yakni lantaran himpitan ekonomi, kondisi ini membuat pelaku rela melakukan apapun demi melindungi dirinya. Hal ini akhirnya membuat terjadinya benturan kepentingan antar departemen, yang kemudian akan membuat kinerja perusahaan bisa makin buruk dan tidak bisa menjalankan bisnis sesuai strategi.

Itulah dia beberapa indikasi ketika fraud ada di perusahaan Anda, selain itu kinerja karyawan yang menurun juga berpengaruh karena kemungkinan adanya ancaman dari para pelaku fraud.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Ciri-Ciri Karyawan Yang Underperforming

 


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar