3 Cara Mengendalikan Emosi Di Kantor
Siker.id | 17 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar emosi (freepik/siker.id)

siker.id - Emosi tidak selalu bermakna negatif. Bahagia, percaya diri, dan kecewa merupakan bentuk dari sebuah emosi juga. Tidak semua orang memiliki pengendalian emosi yang baik, apalagi ketika seseorang berada di kantor. Tanpa pengendalian emosi yang baik, seorang karyawan tidak akan mendapat kinerja terbaiknya.

Apabila Anda mendapati sebuah emosi negatif yang membuat produktivitas menurun, maka lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengendalikan emosi tersebut.

Baca juga : 4 Cara Menghadapi Mata-Mata Di Kantor

1. Mengatur Pernapasan

Dalam situasi praktis, cara mengendalikan emosi di kantor adalah dengan melakukan pernapasan teratur. Tarik napas secara perlahan 5 hingga 10 detik, lalu hembuskan secara perlahan juga 5 hingga 10 detik. Dengan cara ini, detak jantung akan melambat atau lebih stabil, 

Mengatur pernapasan juga dilakukan supaya Anda lebih fokus terhadap satu hal dan mengenyampingkan hal-hal lain yang kurang penting. Selain itu, kadar oksigen yang cukup pada tubuh (dalam hal ini melalui darah yang menuju ke otak) akan membuat Anda mampu berpikir jernih sehingga mampu bertindak lebih bijaksana.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Kesepian Di Tempat Kerja

2. Berolahraga dan Menjalankan Pola Hidup yang Sehat 

Stres yang menyebabkan emosi tidak terkontrol bisa berasal dari perasaan kurang bahagia. Faktanya, perasaan bahagia manusia dipengaruhi oleh hormon endorfin di dalam tubuh. Nah, hormon endorfin tersebut dapat kita peroleh dari olahraga rutin.

Bagi Anda yang tidak menyukai olahraga berat, berbagai metode meditasi juga dapat digunakan untuk mendapatkan hormon endorfin. Meditasi seperti yoga juga dapat meredam stress dan rasa khawatir yang berlebihan. Bersepeda sepulang kerja juga baik dilakukan.

3. Biasakan untuk Bertindak Preventif

Tindakan-tindakan preventif yang dimaksud adalah seperti mengutamakan sikap profesionalisme, mengutamakan sikap menghormati sesama pekerja, dan berpikir positif di setiap kejadian yang meningkatkan emosi.

Tindakan preventif sangat penting dilakukan ketika Anda mengalami perasaan marah atau merasa jengkel di kantor. Selalu ingat bahwa tidak mudah mengembalikan hubungan dengan rekan setelah adanya kemarahan. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal ini jika mengalami perasaan marah.

Itulah beberapa cara mengendalikan emosi ketika di kantor, semoga bermanfaat. Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Bersantai Di Kantor Setelah Pekerjaan Selesai


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar