5 Tips serta Teknik Wawancara yang Baik
Siker.id | 17 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Tips dan teknik wawancara (siker)

siker.id - Teknik wawancara adalah suatu teknik untuk memperoleh informasi dari narasumber atau responden yang pada umumnya dilakukan oleh jurnalis. Untuk mendapatkan informasi terbaik tentunya kita butuh menggunakan teknik wawancara yang efektif dan juga tepat. Penerapan teknik wawancara berpengaruh besar dalam proses wawancara. Proses wawancara yang baik adalah proses wawancara yang dapat membangun chemistry antara pewawancara dengan informannya. Keberhasilan sebuah wawancara bergantung pada teknik wawancara yang diterapkan oleh pewawancara. Nah berikut ini beberapa teknik wawancara yang bisa diterapkan.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Kerja via Telepon

Menentukan topik dan jenis wawancara

Sebelum melakukan wawancara, kamu harus mampu menentukan topik wawancara yang akan kamu angkat beserta jenis wawancara yang bisa kamu terapkan. Terapkan pula jenis wawancara yang paling efektif untuk wawancaramu agar narasumbermu bisa nyaman.

Menentukan narasumber/informan

Jangan lupa buat menentukan narasumber atau informan yang memiliki keterkaitan erat dengan topik wawancara yang telah ditentukan dan bisa menjadi sumber terpercaya untuk hasil reportase,u. Usahakan memilih narasumber yang kredibel agar menjamin kemurnian tiap informasi yang diberikan.

Meminta izin/menghubungi narasumber

Setelah menentukan narasumber/informan, jangan lupa untuk menghubungi narasumber untuk menanyakan kesediaannya untuk diwawancarai atau tidak beserta waktu untuk melakukan wawancara. Untuk menghubungi narasumber dapat melalui email atau secara langsung bertemu. Tentunya, kamu harus perhatikan waktu yang tepat saat menghubungi narasumber.

Baca juga: Tips Merubah Jadwal Wawancara Kerja

Mempersiapkan pertanyaan

Saat sudah mendapatkan izin dari narasumber untuk wawancara, langkah selanjutnya adalah kamu harus mulai mempersiapkan daftar pertanyaan. Buatlah pertanyaan kontekstual yang sesuai dengan jenis wawancara yang ditentukan dan tentunya tidak keluar konteks atau topik wawancara yang sudah dibuat sebelumnya.

Membangun komunikasi yang baik dengan informan

Saat proses wawancara berlangsung, usahakan kamu bisa memberikan kenyamanan bagi narasumber untuk menjawab setiap pertanyaan dengan leluasa. Kamu harus mampu membangun komunikasi senyaman dan sebaik mungkin agar narasumber tidak terintimidasi dengan pertanyaan-pertanyaan atau respon yang diberikan oleh pewawancara.

Sekian artikel tentang tips dan teknik wawancara yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Cerdik saat Mengisi Formulir Wawancara


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar