4 Jenis Wawancara yang Perlu Kamu Tahu
Siker.id | 17 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Jenis wawancara (siker)

siker.id - Wawancara kerja merupakan hal yang umum harus dilewati oleh mereka yang saat ini sedang dalam proses mencari kerja. Setiap proses selalu memiliki mekanisme dan tenggat waktunya. Setelah kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi biasanya perekrut akan mengundang kamu baik untuk melakukan psikotest dulu baru wawancara kerja maupun sebaliknya. Nah dalam proses wawancara kerja pihak HRD akan mengulik tentang kepribadianmu. Tapi tahukah kamu wawancara itu ada macam-macamnya lho. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Beri Kesan Baik saat Wawancara Kerja

Wawancara mendalam

Jenis wawancara ini memiliki perbedaan dengan jenis wawancara lainnya. Mengapa demikian? Karena proses wawancara dalam jenis ini bersifat pribadi antara pewawancara dengan informan. Dalam wawancara ini, tidak mengharuskan adanya pedoman wawancara (terstruktur atau tidak terstruktur), pewawancara yang menentukan ada atau tidaknya pedoman wawancara.

Wawancara terstruktur

Jenis wawancara ini sangat memperhatikan 5 W + 1 H (What, When, Where, Who, Why, dan How) tanpa mengembangkan pertanyaan sekali pun. Proses wawancara dengan jenis ini hanya memerlukan waktu yang cenderung singkat dibandingkan jenis wawancara lainnya.

Baca juga: 3 Teknik Wawancara yang Biasa Dipakai Perusahaan

Wawancara tidak terstruktur

Wawancara jenis ini tidak memiliki pedoman khusus atau pengertian lainnya adalah proses wawancara dilakukan secara spontan dan tidak memiliki pokok-pokok pertanyaan. Durasi proses wawancara jenis ini cenderung lebih lama karena pertanyaan serta topik pembicaraan dikembangkan secara langsung oleh pewawancara berdasarkan informasi yang didapatkan dari informan.

Wawancara pribadi

Wawancara pribadi adalah proses penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara yang dilakukan oleh 1 orang pewawancara dengan 1 informan. Dalam jenis wawancara ini, pewawancara dapat memberikan pertanyaan secara bertahap dan berkembang. Jenis wawancara ini dapat diterapkan di dalam penelitian kualitatif ataupun kuantitatif.

Sekian artikel tentang macam-macam wawancara. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Jenis Wawancara Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar