3 Macam Modus Yang Ada Di Kantor
Siker.id | 17 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Demi karirmu, kamu tetap harus berhati-hati menjaga diri sendiri karena ada banyak tipe rekan kerja yang akan kamu temui selama bekerja. Tidak semua orang di kantor itu jahat, tetapi tidak jarang juga ada yang bermuka dua punya modus tertentu.

Nah, berikut ini ada beberapa tipe modus yang ada di kantor. Simak dibawah ini.

Baca juga : Agar Lolos Dengan Mudah, Yuk Pelajari 7 Macam Tes Psikologi

1. Sering memintamu membantu menyelesaikan pekerjaan 

Biasanya hal ini dilakukan oleh senior atau orang yang kedudukannya lebih tinggi karena merasa berhak memerintah. Kamu harus hati-hati dengan tipe modus yang satu ini. Boleh-boleh saja jika menyanggupinya kalau memang mau membantu, tapi jangan sampai pasrah saja jika dimintai tolong terus menerus karena tujuannya adalah untuk memanfaatkanmu. 

2. Playing victim di depan atasan

Modus lainnya yang sering terjadi di tempat kerja ialah jenis modus playing victim. Yang mana hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi dirinya sendiri di depan atasan dengan menjatuhkanmu. 

Misalnya ketika ada kesalahan kerja yang terjadi dia akan playing victim dan menyudutkanmu atau orang lain sebagai gantinya. Banyak banget orang yang seperti ini di tempat kerja, jadi pastikan kamu bisa menjaga diri dan jangan terjebak dalam modusnya. 

Baca juga : Macam dan Manfaat Power Nap buat Karyawan

3. Mencari celah untuk menjatuhkan dengan melihat-lihat isi komputer dan dokumen kerjamu

Kalau ada rekan kerjamu yang tiba-tiba menawarkan bantuan dan mau membantumu menyelesaikan pekerjaan maka berhati-hatilah. Karena hal ini juga termasuk salah satu modus dimana dia mencari celah untuk menjatuhkanmu dengan melihat isi komputer atau dokumen kerjamu. 

Dia yang awalnya berniat membantu bisa berkhianat suatu saat nanti jika mendapatkan celah untuk menjatuhkanmu. Mencari kesalahan kerjamu dan berusaha menjelekkan reputasi serta kinerjamu di mata atasan.

Demian di atas tadi beberapa modus yang sering ditemui para karyawan ketika berada di kantor, selain itu rekan kerja juga akan menyebarkan rumor terkait kehidupan pribadimu karena ingin menjatuhkan citramu di kantor. Tetap berhati-hati dan waspada ya, jika memang sudah berdampak pada kamu baiknya ambil tindakan yang tepat.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 4 Macam Gaya Kerja yang Lazim di Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar