5 Ide Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa
Siker.id | 17 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi kerja part time (freepik/siker.id)

siker.id - Ketika memasuki semester akhir, biasanya para mahasiswa hanya memiliki kegiatan mengerjakan skripsi. Ternyata, kamu bisa lho memanfaatkan dengan mencoba berbagai kerja sampingan untuk menambah uang bulananmu.

Berikut ini ada beberapa ide untuk kerja sampingan buat mahasiswa yang berada di semester akhir.

1. Asisten Dosen

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini, tentu saja memberikan banyak manfaat baik untuk kamu. Sebab, tidak semua mahasiswa bisa menjadi seorang asisten dosen.

Ada syarat dan kualifikasinya tersendiri, seperti memiliki prestasi akademik serta etos kerja yang baik. Setiap kali mengajar, asisten dosen biasa digaji sebesar Rp80 hingga Rp100 ribu. Tidak seberapa memang, namun kalau ditabung atau untuk uang makan sehari-hari masih lumayan lho.

Baca juga : 3 Sumber Penghasilan Uang bagi Mahasiswa

2. Barista

 

 

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa, yakni menjadi seorang barista memang tengah ngetren. Hal ini juga dikarenakan kepopuleran coffee shop di kalangan anak muda, dengan menu utama kopi susu gula aren.

Nah, untuk menjadi seorang barista, setidaknya kamu mesti paham dulu mengenai dunia coffee brewing. Kalaupun sudah mengerti, kamu bisa langsung apply lamaran di coffee shop yang memang tengah membutuhkan seorang barista dengan sistem part time, agar tidak mengganggu waktu kuliah kamu.

3. Fotografer

 

Fotografer sendiri biasa dibutuhkan saat ada perayaan khusus di kampus seperti wisuda, seminar, ataupun acara konser yang diadakan oleh UKM tertentu. Selain menawarkan jasa foto, dengan kamera yang dimiliki, tentu kamu juga dapat memberikan layanan videografi di momen penting klienmu.

Dari pekerjaan sampingan ini, kamu dapat meraup untung yang cukup besar.

Baca juga : 3 Kegunaan Linkedin bagi Mahasiswa

4. Bisnis Online

Kalau kamu pecinta dunia fashion, maka enggak ada salahnya untuk memulai bisnis tersebut secara kecil-kecilan. Kamu dapat memasarkan barangmu, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga tas dan sepatu, melalui sosial media seperti Instagram.

 

Tak hanya itu saja, agar memudahkan konsumen untuk membelinya, terutama yang berasal dari luar kota, kamu pun bisa menambahkan akun online shop mu di marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee.

5. MUA

 

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini, cocok untuk digeluti jika memang tertarik dengan dunia kecantikan. Kamu bisa menawarkan jasa MUA ini ke lingkungan kampusmu.

Paling tepatnya sih saat musim wisuda tiba, biasanya calon wisudawan akan mencari seorang MUA yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Itulah dia beberapa ide kerja sampingan yang bisa digeluti para mahasiswa ketika ingin mengisi kegiatan saat sudah semester akhir, selain produktif tentunya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Ide Kreatif Acara Kantor Bikin Karyawan Betah


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar