4 Tips menjadi Manajer yang Baik
Siker.id | 17 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Menjadi manajer yang baik (siker)

siker.id - Menjadi seorang manajer di perusahaan saat ini mungkin menjadi salah satu impianmu. Namun, sudah tahukah kamu bagaimana caranya menjadi manajer yang baik? Posisi manajer yang sangat penting tentu tidak bisa diisi oleh sembarangan orang. Diperlukan keahlian atau kompetensi khusus untuk mengisi posisi ini. Nah, supaya kamu bisa menjadi manajer yang baik, berikut ini ada beberapa tipsnya untukmu. Simak ulasannya!

Baca juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik

Selalu dukung kolaborasi

Cara lain untuk menjadi seorang manajer yang baik di tempat kerja adalah dengan mendukung terjadinya kolaborasi dalam tim untuk mencapai tujuan bersama. Dengan kolaborasi kamu bisa membuat lingkungan kerja yang lebih baik dan menyenangkan untuk anggota timmu. Sehingga, hal tersebut bisa meningkatkan efisiensi dan kualitas dari pekerjaannya. Untuk melakukannya, pastikan setiap anggota tim tahu tanggung jawabnya, dengan siapa dia bekerja, dan apa dampak yang bisa dibuatnya bagi tim dan perusahaan.

Beri dan terima feedback secara konsisten

Salah satu cara untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik adalah dengan menerima feedback dari anggota timmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kekuatan dan hal yang bisa ditingkatkan darimu dalam hal manajerial. Sementara itu, feedback ke anggota tim juga membuatmu menjadi seorang manajer yang baik, karena memberikan kesempatan untuk anggota tim berkembang. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan sesi one-on-one, meeting bersama tim, brainstorming, atau survei.

Baca juga: Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan

Mengakui orang lain

Bagian dari tanggung jawab seorang manajer adalah mengetahui peran setiap anggota timnya, tahu skills yang dimiliki, dan tahu seberapa baik mereka melakukan pekerjaannya. Sehingga, seorang manajer yang baik tahu ketika anggota timnya telah memberikan hasil di luar ekspektasi dan mengakui pencapaiannya secara langsung. Dengan melakukan hal tersebut, anggota tim akan merasa didukung di tempat kerja, yang membuatnya ingin terus berkembang dan bertahan di perusahaan dalam jangka waktu lebih lama.

Memberikan goals yang dapat dicapai

Sebagai seorang manajer, tentu kamu akan diberikan tanggung jawab untuk membuat goals bagi anggota timmu. Maka, salah satu cara untuk menjadi manajer yang baik adalah membuat goals yang bisa dicapai dan sejalan dengan tujuan, visi, dan misi perusahaan. Ketika membuat goals, berikan ukuran yang spesifik sehingga timmu tahu apa yang harus mereka kerjakan dan capai. Selain itu, pastikan untuk melakukan komunikasi terbuka seputar progress timmu terhadap goals dan berikan bantuan jika terdapat halangan untuk mencapainya.

Sekian artikel tentang tips menjadi manajer yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tantangan Karir seorang Generalis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar