5 Tips Mempertahankan Argumen yang Tepat
Siker.id | 17 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Pertahankan argumen dengan baik (siker)

siker.id - Saat kita sedang melakukan diskusi, ada kalanya kamu tak setuju dengan masukan yang datang kepadamu. Bila sudah begitu, bagaimana cara kamu bisa mempertahankan argumen alias pendapat dengan baik? Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba. Dengan menerapkannya, kamu bisa memberikan pembelaan diri tanpa terlihat ngotot. Tak hanya itu, argumenmu juga lebih mungkin dipertahankan. Berikut ini ulasannya untuk kamu!

Baca juga: 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja

Beri pujian untuk masukan

Cara mempertahankan argumen selanjutnya adalah memberikan pujian atas masukan yang kamu dapat. Masukan yang baik bukanlah masukan yang asal dibuat dan disampaikan. Ada proses analisis dan berpikir di balik masukan tersebut. Itulah mengapa, saat ada yang memberimu masukan, puji orang tersebut. Mereka sudah berusaha berpikir sebelum memberikan masukan. Langkah ini juga bisa membuat suasana lebih cair.

Jangan terpancing emosi

Selanjutnya, jangan terpancing emosi. Ingat, kamu berdiskusi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, bukan untuk mempertahankan pendapat semata. Jadi, tetaplah tenang. Tarik napas dan buang perlahan-lahan. Lewat cara ini, kamu bisa mempertahankan argumen dengan baik.

Jika perlu, tunda diskusi

Tak dapat dimungkiri, kadang kala, kamu perlu menunda diskusi. Kalau memang diskusi sudah terlalu panas atau kamu terlalu lelah untuk berpikir, istirahatlah. Tutup diskusi untuk sementara dan lanjutkan di sore hari atau esok pagi. Karena itu pastikan kelanjutan diskusi itu sudah dijadwalkan sebelumnya. Jika tidak, konflik akan semakin berlarut-larut.

Baca juga: 3 Tips Mengelola Rapat Online yang Diikuti

Ucapkan terima kasih

Pentingnya mendapat masukan sangatlah baik. Saat menerimanya, kamu bisa tahu kelebihan serta kekuranganmu. Dengan begitu, kamu bisa terus mengembangkan skill. Itulah mengapa, saat ada orang yang memberi masukan, ucapkan terima kasih. Semua itu bisa membantu mengembangkan dirimu.

Jika ada, beri data

Sekarang, kita masuk ke pembahasan cara merangkai dan mempertahankan argumen. Kalau memang pendapatmu berlandaskan data, sampaikanlah data itu. Bukti yang jelas dan nyata bisa menjadi modalmu dalam mempertahankan pendapat.

Sekian artikel tentang tips mempertahankan argumen. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Membuat Rapat Kerja yang Efektif


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar