3 Tips Melakukan Pekerjaan dengan Ikhlas
Siker.id | 17 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Melakukan kerja dengan ikhlas (siker)

siker.id - Sebagian orang bekerja karena butuh. Untuk membiayai berbagai keperluan, maka mau gak mau harus bekerja karena rebahan di rumah saja gak akan bisa menghasilkan apa-apa. Sementara ada sebagian lagi yang bekerja karena memang suka. Bekerja tidak lagi dipandang sebagai mesin penghasil uang semata, tapi juga memenuhi kepuasan batin tersendiri. Untuk kelompok pertama, sangat rentan memandang pekerjaan sebagai beban. Cara pandang seperti ini selain bikin stres, hasil kerjamu juga gak maksimal. Berikut tips kerja ikhlas.

Baca juga: 4 Macam Gaya Kerja yang Lazim di Tempat Kerja

Ubah pola pikir

Hal apa yang membuatmu merasa berat melakukan pekerjaan? Jika perlu, tulislah agar ketahuan bagaimana pola pikirmu selama ini karena paradigma keliru bisa membuatmu memandang suatu hal baik jadi negatif. Sebagai contoh, setelah direnungi ternyata kamu memandang pekerjaanmu saat ini gak begitu penting. Coba deh dipikirkan kembali apa yang terjadi kalau posisimu tidak ada. Dari paradigma itu yang selama ini diyakini bisa diperbaiki. Ternyata pekerjaan yang tampak remeh ini bermanfaat dan vital bagi kerja tim atau perusahaan.

Pikirkan konsekuensi terburuk

Sering kali manusia baru menyadari arti pentingnya sesuatu saat sudah kehilangan. Hal ini berlaku juga pada pekerjaan. Pas ada selalu dikeluhkan, giliran menganggur baru kelimpungan sendiri. Ketika kamu merasa berat sekali melakukan pekerjaan yang ada, coba deh pikirkan konsekuensi terburuk apabila kehilangan pekerjaan. Gak bisa skincare-an, gak bisa makan-makan bareng teman, gak bisa memberi uang belanja ke orangtua, gak bisa membantu biaya pendidikan adik, dan banyak hal buruk lain yang akan terjadi.

Baca juga: 4 Tanda Karyawan yang Toxic di Tempat Kerja

Bekerja dengan lebih terorganisir

Perasaan terbebani bisa terjadi akibat kamu kewalahan dengan tugas yang menumpuk. Untuk mengatasinya, cobalah mulai sekarang bekerja dengan lebih terorganisir. Buat to do list yang akan membantumu memilah pekerjaan yang mana dikerjakan duluan, dan yang mana bisa dikerjakan belakangan. Fokus saja pada satu pekerjaan yang sedang dikerjakan sampai selesai. Setelah itu, baru lanjut ke pekerjaan baru. Cara kerjamu jadi rapi dan gak kewalahan lagi.

Sekian artikel tentang tips bekerja dengan perasaan ikhlas. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Meningkatkan Mood Agar Semangat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar