4 Tanda Karyawan yang Toxic di Tempat Kerja
Siker.id | 16 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Karyawan yang toxic (siker)

siker.id - Kita sudah sering dengar tentang lingkungan kerja yang toxic atau justru mengalaminya. Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir apa jangan-jangan kamu adalah orang yang sebenarnya toxic di kantor? Semoga tidak, ya! Untuk memastikannya, berikut tanda-tanda karyawan toxic yang tidak disenangi di tempat kerja. Simak ulasannya ya!

Baca juga: 3 Cara Basmi Hal Toxic Dalam Diri

Sering mengeluh

Lelah tentunya adalah hal yang wajar di kantor. Mengeluh juga sebenarnya bukan selalu hal yang buruk. Hanya saja, jika terlalu sering, ini merupakan tanda kamu karyawan yang toxic. Pasalnya, jika sering mengeluh, kamu bisa memengaruhi rekan kerjamu, atau membuat mereka tidak nyaman dengan keluhan-keluhanmu di kantor. Yang lebih perlu dihindari lagi adalah mengeluh hingga berbicara hal yang buruk tentang rekan kerja lainnya atau atasan.

Tidak mau mengakui kesalahan

Memang betul, melakukan kesalahan adalah suatu hal yang buruk dan perlu dihindari. Akan tetapi, jika suatu hal memang kesalahanmu, penting untuk berani jujur dan mengakuinya. Katakanlah “ya, itu salah saya”, dan “saya minta maaf” jika betul kamu melakukan suatu kesalahan. Tak perlu berusaha menutup-nutupinya, atau bahkan membebankan kesalahan itu ke orang lain.

Baca juga: 3 Ciri-Ciri Pemimpin Yang Toxic

Tidak suka membantu

Tanda karyawan toxic di kantor lainnya adalah tidak suka membantu rekan kerja lainnya. Selain itu, kalau kamu suka menyembunyikan informasi penting, ini juga bukan sifat yang baik. Seorang rekan kerja harus kooperatif dan mendukung satu sama lain. Jika memang ada informasi penting, sampaikanlah. Tentunya, kalau rekan kerja butuh bantuan, jangan ragu-ragu untuk membantunya.

Merasa paling tahu segalanya

Apakah kamu merasa paling pintar dan tahu banyak hal dibanding rekan-rekan kerjamu? Mungkin saja ini memang benar adanya. Akan tetapi, di tempat kerja, kita harus selalu terbuka terhadap opini dan masukan dari atasan maupun rekan kerja lainnya. Jangan sampai karena merasa pintar, kamu jadi tidak mendengarkan apa kata orang lain.

Sekian artikel tentang tanda-tanda rekan yang toxic di kantor. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Hadapi Lingkungan Kerja yang Toxic


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar