3 Alasan Tidak Berbisnis dengan Teman Sendiri
Siker.id | 16 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Alasan tidak berbisnis dengan teman sendiri (siker)

siker.id - Membangun bisnis dari nol itu bisa dibilang merupakan tantangan yang besar, makanya dalam memilih partner untuk menjalaninya bersama-sama pun juga gak bisa sembarangan. Perihal ini, sebagian orang sepertinya menghindari bekerja sama dan membangun bisnis bareng teman. Rata-rata alasannya karena takut masalah dalam bisnis jadi merusak pertemanan yang ada, sulit bersikap tegas karena berstatus teman, atau bahkan kurangnya profesionalitas kerja. Berikut ini beberapa alasan kenapa orang menghindari bisnis bareng teman.

Baca juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

Kurang profesional

Alasan yang kedua ialah gak semua teman konsisten menjaga profesionalitasnya dalam bekerja. Sebagian orang lama-kelamaan jadi malas dan menganggap enteng pekerjaan karena berteman. Hal inilah yang banyak orang hindari kalau bangun bisnis bareng teman. Gak semua teman bisa diajak kerja sama semaksimal yang kita lakukan, dan tidak semua bisa konsisten dengan prinsip dan semangatnya untuk terus membangun bisnis.

Masing-masing punya ego dan pemikiran sendiri

Isi pikiran setiap orang itu berbeda-beda, dan membangun bisnis bareng teman berarti membuatmu harus berhadapan dengan isi pikiran temanmu yang mungkin berbeda. Mulai dari prinsipnya hingga bagaimana egonya dalam mengembangkan bisnis. Hal ini bisa menjadi bahan pertengkaran dan adu argumen saat menjalankan bisnis bareng teman. Dan parahnya kalau baik kamu ataupun dia sama-sama memegang teguh ego dan pemikiran sendiri hingga kerja sama yang terjalin jadi bubar.

Baca juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

Ketahuan sisi buruk yang selama ini gak kelihatan

Biasanya kalau menjalin kerja sama atau bisnis bersama teman, hal itu dapat memunculkan sifat asli orang tersebut. Yang sebelumnya kelihatan kalem dan baik, bisa jadi jahat dan kasar kalau ada masalah di dalam pekerjaan kalian. Intinya apa yang tadinya tersembunyi bakal kelihatan kalau membangun bisnis bersama. Bahkan sifat-sifat buruk seperti tamak, iri hati, dengki, bermuka dua, pencitraan, manipulatif, pokoknya harus siap dengan segalanya kalau berbisnis bareng teman.

Sekian artikel tentang alasan untuk tidak berbisnis dengan teman sendiri. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Dalam Mengahdapi Klien Bisnis Baru


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar