4 Tips Lakukan Follow Up Kerja ke Staf
Siker.id | 16 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Pentingnya follow up pekerjaan (siker)

siker.id - Seorang manajer tak hanya tahu cara memimpin atau mengatur, tapi juga komunikasi. Termasuk saat melakukan follow up pekerjan ke staf. Sebagai seorang manajer, apalagi project manager, kamu perlu memastikan setiap alur kerja setiap anggota tim. Supaya, pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan arahan dan strategi yang diberikan. Lalu, bagaimana cara melakukan follow up pekerjaan ke staf? Berikut ulasannya!

Baca juga: Cara Follow Up Customer Yang Baik

Lakukan pengecekan secara berkala

Luangkan waktu untuk bertanya tentang proyek atau porsi pekerjaan yang sedang dikerjakan, lalu juga masalah atau tantangan apa yang mereka hadapi. Jika kamu merasa sulit untuk melakukan follow up secara personal atau langsung, mintalah anggota timmu mengirimkan rekap mingguan secara teratur. Hal ini juga akan membantu semua staf tetap berada di jalur yang sama.

Tidak perlu basa-basi

Saat follow up pekerjaan ke staf, kamu tak perlu basa-basi. Apalagi jika pekerjaan tersebut sudah tertunda dalam waktu yang cukup lama. Basa-basi hanya akan semakin membuang waktu dan justru membuat staf menghindar atau memberi alasan terhadap pekerjaannya. Kamu bisa langsung menyatakan tujuanmu saat bertemu atau langsung menghubunginya melalui media komunikasi kantormu.

Tegaskan kembali keterkaitan pekerjaanya

Bukan hanya mengonfirmasi masalah batas waktu pekerjaan, tapi kamu juga perlu menjelaskan bagaimana keterkaitan pekerjaan para staf dengan hasil akhir proyek yang dijalani. Saat mereka tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka tentu akan memengaruhi rekan kerja lain dan hasil akhirnya. Tegaskan pula bahwa tim lain memerlukan hasil pekerjaan tersebut agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Baca juga: 4 Tips Follow Up Bisnis yang Baik

Gunakan bantuan software

Begitu perusahaan mulai tumbuh, mustahil untuk bisa melacak pekerjaan staf satu per satu. Sebaiknya, gunakan alat atau software yang dapat membantu kamu. Ada banyak alat manajemen proyek dan produktivitas yang bisa kamu manfaatkan. Staf bisa menggunakan aplikasi manajemen proyek untuk memvisualisasikan semua pekerjaan. Mengetahui bahwa kamu dapat melacak pekerjaan staf setiap hari bisa memberi ketenangan pikiran dan meningkatkan fokus pada pengembangan perusahaan.

Sekian artikel tentang tips melakukan follow up kerja kepada staf. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar