Inilah 3 Keuntungan Pensiun Dini
Siker.id | 15 Jun 2022 14:45


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Keputusan untuk melakukan pensiun dini biasanya dikembalikan kepada pertimbangan setiap individu masing-masing. Pengajuan pensiun dini pun jangan sampai gegabah, karena setiap karyawan harus memahami berapa besar pesangon dan dana pensiun yang akan diberikan perusahaan.

Untuk karyawan swasta memperoleh uang pensiun dengan mendaftarkan diri dalam Program Jaminan Pensiun dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Memang sekilas pensiun dini cukup menarik apalagi bagi karyawan yang mudah merasa bosan.

Apa saja sih keuntungan dalam memutuskan untuk pensiun dini? Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Dapat Keuntungan bagi Pebisnis Pemula

 

1. Lebih Banyak Menghabiskan Waktu bersama Keluarga

Keluarga adalah yang terpenting dibandingkan faktor lain yang ada. Dengan waktu yang fleksibel dan tidak terikat pada jam kerja, Anda dapat menghabiskan masa pensiun dikelilingi oleh keluarga tanpa perlu ikatan jam kerja dari perusahaan. 

2. Awal Baru untuk Mengembangkan Diri

Pensiun tidak selalu identik dengan akhir. Masa pensiun juga bisa langkah awal untuk memulai hal baru dan mengembangkan diri. Ada beberapa bisnis terkenal yang justru dimulai ketika masa pensiun pemiliknya telah tiba.

Contohnya Kolonel Sanders pendiri franchise ayam goreng yang terkenal mendunia, Kentucky Fried Chicken. Ia memulai bisnisnya pada usia 65 tahun saat orang lain pada saat itu memutuskan untuk total beristirahat. Jadi, pensiun bukanlah alasan untuk berhenti mengembangkan diri.  

Baca juga : 3 Keuntungan Memiliki Sifat Optimis

3. Istirahat Menjelang Usia Senja 

Dengan pensiun dini, Anda akan fokus untuk diri sendiri dan orang yang terkasihi. Beban pikiran pun tak terlalu banyak karena Anda tidak perlu memikirkan deadline project kantor, macetnya jalanan menuju kantor, dan rumitnya seabrek pekerjaan. Menanti hari tua pun jauh lebih nyaman. 

Nah, itulah dia beberapa keuntungan melakukan pensiun dini, pastikan persiapan dan rencana yang matang ketika memutuskan untuk benar-benar pensiun dini. Karena setiap hal pasti ada keuntungan dan juga kerugiannya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Keuntungan Menjadi Peternak Ayam


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar