4 Kompetensi Teknis yang Wajib Dimiliki Pencari Kerja
Siker.id | 15 Jun 2022 20:30


Bagikan ke
Kompetensi untuk pencari kerja (siker)

siker.id - Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh rekruter adalah tentang kompetensi teknis yang kamu cantumkan di CV. Kalau sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan, probabilitas dipanggil untuk interview akan semakin tinggi. Akan tetapi, apabila tidak, akan sulit bagi CV-mu untuk tembus. Saat kamu bisa membuktikan bahwa kamu benar-benar kompeten sesuai apa yang tercantum dalam CV, kemungkinan besar proses lamaran kerja akan semakin lancar. Lalu apa saja kompetensi yang harus dimiliki pencari kerja saat ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tanda Lowongan Kerja Palsu Di Situs Pencari Kerja

Big data analytics

Di era serba canggih ini, hampir semua perusahaan membutuhkan big data. Big data sangat penting untuk memastikan keberhasilan perusahaan. Pasalnya, ilmu ini membantu bisnis untuk mengetahui tren industri, menyesuaikan strategi operasional, dan masih banyak lagi lewat data-data yang dikelola. Ilmu big data umumnya cocok untukmu yang suka matematika. Pasalnya, kamu harus memahami algoritma, statistika, data mining, dan masih banyak lagi.

Project management

Tanpa project management yang baik, tentu saja perusahaan akan sulit untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, kompetensi teknis yang juga banyak dicari saat ini adalah project management. Sebenarnya, ini kadang juga dianggap sebagai soft skill yang sangat erat kaitannya dengan proyek teknis. Akan tetapi, project management tidak cukup sederhana untuk dikategorikan sebagai soft skill. Pasalnya, banyak aspek teknis yang harus dikuasai, seperti program dan sistem yang kompleks. Belum lagi, ada banyak metode yang harus dipahami.

Baca juga: Tips Anti ghosting bagi Para Pencari kerja

Microsoft office

Kemampuan mengoperasikan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan lainnya sudah pasti sangat dibutuhkan di dunia kerja. Tools-tools ini akan sangat kamu butuhkan untuk membuat dokumen, menganalisis data, membuat data visualization, presentasi, dan masih banyak lagi. Jika perlu, kamu bisa mengambil sertifikasi untuk menunjukkan skill-mu.

Videografi

Banyak perusahaan yang mulai beriklan dengan format video, khususnya secara online. Apa pun pekerjaanmu, skill videografi akan dapat bermanfaat. Oleh karena itu, tak ada ruginya memperdalam kemampuanmu di bidang ini. Dalam videografi sendiri, ada banyak kompetensi teknis lebih spesifik yang bisa kamu pelajari, yaitu copy writer, riset, editing foto, fotografi, storyboarding, SEO.

Sekian artikel tentang kompetensi teknis yang wajib dimiliki pencari kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Kesalahan Umum Pencari Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar