4 Skill Wajib Dimiliki Mentor Profesional
Siker.id | 15 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Skill mentor profesional (siker)

siker.id - Bukan cuma jiwa pemimpin dan bermodal keinginan untuk menjadi seorang mentor. Sebab ada beberapa skill yang harus dimiliki agar dapat jadi mentor andal. Seorang mentor juga tak bisa hanya bertahan di zona nyamannya, karena perubahan dan perkembangan harus dimulai dari dirinya terlebih dahulu. Itulah kenapa, mempelajari atau mengembangkan skill mentor yang bermanfaat di dunia kerja bisa kamu lakukan dari sekarang. Berikut ini skill yang wajib dimiliki mentor profesional.

Baca juga: 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing

Pendengar yang baik

Mempelajari skill mentoring dengan baik akan meningkatkan hubungan antara mentor dan mentee. Salah satu skill itu adalah menjadi pendengar yang baik dan efektif. Kemampuan ini tidak hanya berhubungan dengan mendengar kata-kata saja, tapi juga naik-turunnya nada, gesture, hingga sinyal non verbal. Dengan menerapkan segala aspek ini, pemahaman pada masalah bisa lebih maksimal. Selanjutnya, kamu bisa memberikan saran yang lebih tepat dan meminimalkan perasaan tidak enak dengan mentee.

Sikap positif

Skill yang harus dimiliki mentor selanjutnya adalah sikap atau attitude yang baik. Attitude yang baik akan memberikan kesan positif di mata mentee setiap kali bertemu atau berdiskusi. Kamu harus bisa bersikap santun, sopan, dan tidak terkesan bossy hanya karena memiliki kemampuan yang mungkin lebih banyak. Attitude yang selalu positif juga meningkatkan optimisme dan rasa percaya dari para mentee. Ini bisa berdampak baik untuk perkembangan program dari awal hingga akhir.

Baca juga: 3 Skill Freelancer Yang Wajib Dimiliki

Pemecahan masalah

Membawahi banyak mentee akan cukup merepotkan jika tidak memiliki kemampuan pemecahan masalah. Karena saat diskusi kamu akan mendapatkan banyak pertanyaan dan harus mampu memberikan solusi terbaik. Kemampuan pemecahan masalah yang bermanfaat untuk mengevaluasi program hingga kemajuan setiap mentee. Jadi, bisa menentukan kesuksesan program dan saran untuk mentee agar mereka bisa berkembang lebih baik.

Komunikasi

Komunikasi merupakan skill terpenting jika ingin menjadi mentor di dunia kerja. Kemampuan ini akan membantu kamu dalam menentukan tujuan, memberikan feedback, melakukan evaluasi, hingga memberikan motivasi. Skill ini juga memudahkan mentee (orang dibimbing oleh mentor) untuk berpendapat atau memberikan saran.

Sekian artikel tentang skill yang wajib dimiliki mentor profesional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Skill Penunjang Bagi yang Bekerja Bidang Keuangan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar