4 Tips Memulai Karir sebagai Personal Shopper
Siker.id | 15 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Menjalani karir sebagai personal shopper (siker)

siker.id - Ternyata tak bisa sembarang ketika mau jadi seorang personal shopper, sebab ada hal yang harus kamu ikuti. Personal shopper adalah profesi yang membantu klien mendapatkan barang pesanannya dengan kualitas terbaik. Ibaratnya, kamu suka berbelanja barang branded dan digaji. Pendapatan personal shopper ternyata cukup besar. Menurut data yang ada, rata-rata pendapatan tahunan personal shopper bisa mencapai 45.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp660 juta. Berikut ini beberapa tips buat yang ingin berkarir sebagai personal shopper.

Baca juga: 4 Tips Perencanaan Karir Bagi yang Banyak Passion

Cermat memilih jenis pakaian

Kamu dan klien mungkin memiliki selera fashion yang berbeda. Untuk itu, kamu perlu memahami selera fashion klien. Mulai dari kualitas bahan, model, hingga harga. Ketahui juga apakah ada bahan tertentu yang dapat menyebabkan alergi kepada klien. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memberikan perhatian dan pelayanan ekstra kepada klien.

Memahami fotografi

Saat mempromosikan diri, kamu perlu memamerkan kemampuan fotografi melalui media sosial. Kemampuan fotografi dapat menarik minat klien baru. Sebab, orang dengan kemampuan fotografi yang baik, dianggap mampu menilai dan menata pakaian agar terlihat hebat. Dengan begitu, klien percaya bahwa kamu memiliki selera bagus dalam memilih barang.

Meningkatkan kemampuan diri

Tips berikutnya menjadi personal shopper adalah selalu meningkatkan kemampuan diri. Mulai dari pengetahuan fashion terbaru, komunikasi yang apik, kemampuan manajemen waktu, keuangan hingga kemampuan menawarkan jasa diri. Untuk meningkatkan kemampuan, kamu bisa mengikuti kursus atau pendidikan formal. Nah, kamu juga dapat meningkatkan hubungan yang baik pada sales toko. Hal ini akan memberikan keuntungan ketika kamu ingin membeli pakaian klien. Misalnya, kamu bisa bertanya kepada sales toko sebelum mendatangi toko tersebut ada barang terbaru apa saja, atau sedang ada diskon apa di hari itu.

Baca juga: 3 Tantangan Karir seorang Generalis

Transparan

Tips menjadi personal shopper berikutnya ialah bersikap transparan. Personal shopper adalah perpanjangan tangan klien untuk membeli barang. Sehingga, tidak heran jika personal shopper lebih mengetahui harga suatu barang. Transparansi pembelian akan meningkatkan rasa percaya klien atas pelayanan. Apabila barang sedang diskon, kamu harus memberitahu klien bahwa barang sedang diskon. Jika sering mengakali harga barang, tentu tidak akan ada yang menggunakan jasa kamu lagi.

Sekian artikel tentang tips memulai karir sebagai personal shopper. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Melawan Mitos Karir yang Berkembang


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar