3 Tips Menjalani Karir sebagai Digital Nomad
Siker.id | 15 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
menjalani digital nomad (siker)

siker.id - Jika kamu tipe orang yang tidak bisa kerja terikat dengan waktu dan menyukai jam kerja fleksibel, perlu coba menjadi seorang digital nomad! Digital nomad adalah orang yang bisa bekerja kapan pun dan di mana saja, asalkan kamu mempunyai laptop dan koneksi internet yang cukup baik dan lancar. Pekerjaan yang cocok untuk digital nomad adalah penulis, penerjemah, programmer, desain grafis, dan pekerjaan lainnya yang hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet. Sebelum kamu mencoba memutuskan untuk menjadi seorang digital nomad, cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjalankan Profesi Digital Nomad

Mencari pekerjaan secara remote atau freelance

Semenjak pandemi COVID-19, orang-orang sudah terbiasa untuk bekerja dari rumah. Walaupun sekarang sudah banyak perusahaan yang menerapkan kembali untuk bekerja di kantor, jangan khawatir. Jika kamu memang berniat untuk menjadi digital nomad, carilah informasi pekerjaan yang menawarkan sistem remote working, atau kamu bisa mencari pekerjaan lewat web freelance, baik yang ada di dalam negeri, maupun di luar negeri. Biasanya situs pencari kerja secara remote atau freelance ini tidak mengharuskan kamu untuk bekerja di kantor, tetapi bisa bekerja secara jarak jauh.

Selalu aktif di sosial media

Aktif dan eksis di media sosial bagi seorang digital nomad adalah suatu kewajiban. Sebab, media sosial adalah wadah untuk digital nomad mempromosikan diri. Unggah setiap hasil karya atau hasil pekerjaanmu di media sosial agar calon klien atau klien kamu percaya dan tertarik meng-hire untuk bekerja di perusahaan mereka. Jangan lupa untuk membuat konten-konten yang bermanfaat, agar calon klien atau client kamu mempunyai penilaian yang baik tentangmu. Akan lebih baik jika memisahkan akun media sosial pribadi dan akun kamu sebagai seorang digital nomad supaya terkesan lebih profesional.

Baca juga: 3 Tugas Seorang Digital Marketing

Pilih rekening atau transaksi pembayaran yang tepat

Sebagai seorang digital nomad, kamu harus mempunyai rekening atau kartu pembayaran yang tepat. Karena client-mu biasanya tidak hanya dari dalam kota saja, bisa jadi dari luar kota atau bahkan dari mancanegara. Maka dari itu, pilihlah bank atau cara pembayaran yang tepat, yang dapat digunakan untuk bertransaksi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Pastikan bahwa bank atau kartu transaksi yang kamu gunakan mempunyai biaya transaksi yang cukup rendah dan tingkat keamanan tinggi dalam bertransaksi.

Sekian artikel tentang tips menjalani karir digital nomad. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar